KY Gelar Seleksi Tahap III Calon Hakim Agung

KY Gelar Seleksi Tahap III Calon Hakim Agung
Ilustrasi peradilan. ( Foto: Ist / Ist )
Yustinus Paat / WBP Senin, 16 September 2019 | 15:04 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Yudisial (KY) menggelar seleksi tahap III calon hakim agung (CHA) tahun 2019 berupa asesmen kepribadian dan kompetensi di Gedung KY, Jakarta, pada Senin (16/9) hingga Jumat (20/9). Seleksi diikuti 29 orang yang dinyatakan lolos seleksi kualitas.

Ketua Bidang Rekrutmen Hakim KY Aidul Fitriciada Azhari mengatakan, asesmen kepribadian dan kompetensi bertujuan memotret kepribadian, pengetahuan, keterampilan dan sikap CHA untuk menduduki jabatan sebagai hakim agung. Di asesmen ini, KY melibatkan Mahkamah Agung (MA) dan tim asesor kompetensi untuk perbaikan metode seleksi. "Asesmen bertujuan untuk memotret perilaku seorang calon ketika dihadapkan pada simulasi lingkup pekerjaan sebagai hakim agung," ujar Aidul Fitriciada Azhari kepada Beritasatu.com, Senin (16/9/2019).

Asesmen kepribadian dan kompetensi ini, lanjut Aidul, juga menguji integritas peserta. Hal tersebut meliputi komitmen terhadap kebenaran, kepatutan, juga daya tahan mental terhadap pekerjaan. "Ini penting untuk dieksplorasi mengingat KY menekankan integritas dan kompetensi dalam menghasilkan CHA yang berkualitas," tutur Aidul Fitriciada Azhari.

Selain itu, kata Aidul, secara bergantian para peserta juga akan menjalani seleksi kesehatan jasmani dan rohani pada Senin (16/9/2019) hingga Rabu (18/9/2019) di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Sekadar informasi, seleksi CHA ini untuk mengisi delapan orang hakim agung dengan perincian tiga hakim untuk kamar pidana, satu untuk kamar agama, dua orang untuk kamar militer, empat untuk kamar perdata, dan satu orang untuk kamar Tata Usaha Negara khusus pajak.



Sumber: BeritaSatu.com