DPR Sahkan Pimpinan KPK 2019-2023

DPR Sahkan Pimpinan KPK 2019-2023
Suasana penghitungan suara calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (13/9/2019). ( Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono )
Markus Junianto Sihaloho / JAS Senin, 16 September 2019 | 15:28 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Rapat paripurna DPR mengesahkan lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023. Rapat pengesahan itu dilaksanakan di Gedung Nusantara II, Kompleks DPR RI, Jakarta, Senin (16/9/2019).

Kelima pimpinan KPK RI itu dipilih setelah sebelumnya memenangkan proses fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) capim KPK yang digelar Komisi III. Dari 10 calon yang ada, terpilih lima nama.

Lima pimpinan KPK baru itu adalah Firli Bahuri, Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, Nurul Ghufron, dan Nawawi Pomolango. Komisi III DPR telah memercayakan posisi Ketua KPK kepada Firli Bahuri yang memperoleh suara terbanyak dalam pemungutan suara, Jumat (13/9/2019) lalu.

"Komisi III melakukan pemilihan dan penetapan pimpinan KPK, adapun berdasarkan no urut sebagai berikut, pertama: Nawawi Pomolango, kedua saudara Lili Pintauli Siregar, ketiga saudara Nurul Ghufron, keempat saudara Alexander Marwata, kelima, saudara Firli Bahuri," kata Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsudin saat menyampaikan laporan.

Aziz berharap penetapan kelima pimpinan KPK itu bisa setujui oleh seluruh anggota DPR.

"Komisi III sudah melakukan uji kepatutan dan kelayakan dan sudah diajukan kepada presiden dan sudah diambil keputusan. Kami berharap Pimpinan KPK terpilih dapat ditetapkan dalam rapat paripurna siang ini," ujarnya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada wartawan, mayarakat, yang memberikan masukan kritikan pro dan kontra dalam menjalankan proses uji kepatutan dan kelayakan," imbuhnya.

Pimpinan sidang paripurna Fahri Hamzah lalu menanyakan kepada peserta rapat soal persetujuan pengesahan pimpinan KPK baru itu. Oleh seluruh peserta rapat dijawab secara serentak, "Setuju."

Fahri pun mengetuk palu sidang tanda keputusan sah sudah diambil. Kelima pimpinan KPK itu lalu dipanggil ke atas panggung sidang untuk berfoto bersama dengan para pimpinan sidang.



Sumber: BeritaSatu.com