Kebakaran Hutan, 228 Jadi Tersangka

Kebakaran Hutan, 228 Jadi Tersangka
Pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjungabung Timur, Provinsi Jambi. ( Foto: Ist )
Farouk Arnaz / JAS Selasa, 17 September 2019 | 15:31 WIB

Jakarta, Beritasatu.com — Polisi masih berjibaku menjerat tersangka dalam kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Saat ini sudah ada 228 tersangka perorangan yang telah ditetapkan termasuk lima korporasi.

“Penegakan hukum sesegera mungkin diselesaikan baik Polres maupun Polda. Ada tambahan tersangka korporasi dari Polda Sumsel. Nanti inisialnya akan kami sampaikan,” kata Karo Penmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri Selasa (17/9/2019).

Namun polisi tetap mengutamakan kerja sama dengan pemerintah daerah, TNI, BNPB, dan pihak terkait dalam masalah bencana karhutla karena penegakan hukum merupakan langkah yang terakhir.

“Itu untuk memitigasi agar para pelaku baik perorangan, kelompok, maupun korporasi tidak mengulangi perbuatannya,” tambahnya.

Soal karhutla menjadi perhatian Presiden Joko Widodo. Dia mengancam akan mencopot pimpinan TNI/Polri yang didaerahnya terjadi karhutla.

Ini dikatakan Jokowi dalam rapat koordinasi di Istana Merdeka yang dihadiri Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian pada 6 Agustus lalu. Namun hingga kini belum ada yang dicopot.



Sumber: BeritaSatu.com