BMKG: Kabut di Medan Bukan dari Kebakaran Hutan

BMKG: Kabut di Medan Bukan dari Kebakaran Hutan
Ilustrasi BMKG ( Foto: Istimewa )
Arnold H Sianturi / FMB Selasa, 17 September 2019 | 20:08 WIB

Medan, Beritasatu.com - Balai Besar Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah l Medan menyampaikan, kabut yang menyelimuti Kota Medan, bukan bersumber dari asap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau.

"Kabut yang ada selama beberapa hari belakangan ini, khususnya di Medan, akibat hujan yang terjadi sepanjang hari," ujar staf BBMKG Wilayah I Medan, Martha Manurung, Selasa (17/9/2019).

Martha mengatakan, tingginya curah hujan mengeluarkan uap air cukup banyak di udara. Kendati demikian, BBMKG akan terus memantau berbagai perkembangan yang terjadi seputar potensi asap.

"Yang pastinya belum ada asap dari Karhutla di Riau masuk ke Kota Medan. Jadi, beberapa hari ini terlihat kabut itu bukan karena asap kiriman tapi karena hujan. Kalau titik api ada satu terpantau di Padang Lawas Utara," jelasnya.

Untuk mengantisipasi kebakaran hutan, sambung Martha, BBMKG mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukab pembakaran lahan.

"Potensi kebakaran hutan di beberapa daerah lain seperti di kawasan Padang Lawas Utara, Padang Lawas Selatan, sekitar Labuhan Batu Selatan. Karena curah hujan masih rendah di kawasan tersebut," sebutnya.



Sumber: Suara Pembaruan