Tujuh Orang Diamankan dari Pabrik Mi Berformalin di Cianjur

Tujuh Orang Diamankan dari Pabrik Mi Berformalin di Cianjur
Polisi tengah memeriksa barang bukti mie berformalin yang disita dari pabrik di wilayah Cianjur, Selasa (17/9/2019) ( Foto: Dok Polres Cianjur )
Vento Saudale / WBP Rabu, 18 September 2019 | 10:32 WIB

Cianjur, Beritasatu.com - Bareskrim Mabes Polri dan Polres Cianjur menggerebek pabrik pengolahan mi berformalin di Kampung Kepuh, Desa Gudang, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur. Polisi menangkap tujuh orang yang terdiri dari pemilik dan pekerja. Selain itu, petugas juga menyita mesin pembuat mi, formalin dan mi sisa produksi siap jual sebanyak 2,5 kuintal.

"Dalam operasi itu, kita juga amankan mobil pickup," kata Wakapolres Cianjur Kompol Jaka Mulyana, Rabu (18/9/2019).

Jaka mengatakan mi berformalin ini sudah berproduksi sejak dua tahun terakhir dan dalam satu hari mampu memproduksi 300 kilogram. Saat ini pihaknya masih memeriksa pemilik pabrik untuk menelusuri omzet setiap bulan dan dimana saja beredarnya mi berformalin ini. "Kemana saja mi ini didistribusikan, kami masih melakukan pemeriksaan kepada pemilik mi," kata Kompol Jaka Mulyana.

Para pelaku dijerat dengan Pasal 136 Undang-Undang nomor 18/2012 tentang Pangan dengan ancaman pidana penjara paling lama lima tahun dan denda 10 miliar. Selain itu, pemilik mi formalin ini juga dijerat Pasal 8 ayat (1) A Jo Pasal 62 Undang-Undang nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dengan ancaman pidana penjara lima tahun.



Sumber: BeritaSatu.com