Polisi: 99 Persen Lahan Sengaja Dibakar untuk Perkebunan

Polisi: 99 Persen Lahan Sengaja Dibakar untuk Perkebunan
Brigjen Dedi Prasetyo. ( Foto: Antara )
Farouk Arnaz / CAH Rabu, 18 September 2019 | 14:09 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang menyengsarakan jutaan orang itu dipastikan disebabkan oleh faktor manusia. Pembakaran itu untuk membuka lahan dan kelak digunakan sebagai lahan perkebunan.

“99 persen penyebab karhutla itu adalah kesalahan manusia dan 99 persen yang kebakar itu adalah hutan dan kebun yang tidak ada tanaman industrinya,” kata Karo Penmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri Rabu (18/9/2019)

Polisi mencurigai hutan dan lahan yang terbakar itu, ditahun depan, akan berubah menjadi kebun. Maka inilah yang ditindaklanjuti penyidik Polda dan Polres. Dicari unsur perbuatan melawan hukumnya.

“Penegakan hukum itu instrumen terakhir sebenarnya terhadap 99 persen kasus kebakaran akibat faktor human ini,” sambungnya.

Soal karhutla menjadi perhatian Presiden Joko Widodo. Dia mengancam akan mencopot pimpinan TNI/Polri yang didaerahnya terjadi karhutla.

Ini dikatakan Jokowi dalam rapat koordinasi di Istana Merdeka yang dihadiri Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian pada 6 Agustus lalu. Namun hingga kini belum ada yang dicopot.



Sumber: BeritaSatu.com