Generasi Muda NU Harus Jadi Manusia yang Unggul

Generasi Muda NU Harus Jadi Manusia yang Unggul
Bambang Wibawarta ( Foto: istimewa )
Bernadus Wijayaka / BW Rabu, 18 September 2019 | 23:03 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Perkembangan teknologi punya dampak luar biasa terhadap pola kehidupan masyarakat. Menurut akademisi Universitas Indonesia (UI) Bambang Wibawarta, banyak pekerjaan manusia yang digantikan oleh mesin.

"Di Jepang sudah banyak, toko atau supermarket yang menggunakan robot untuk menyapa (menyambut) pengunjung," ungkap Bambang dalam forum diskusi yang digelar Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) di Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Meski begitu, lanjut pria yang akrab disapa Prof Bambang ini, ada beberapa pekerjaan yang tidak digantikan dengan robot. "Misalnya, lobi-lobi. Membuat ide atau gagasan. Robot tidak bisa melakukan itu semua," tutur Bambang, dalam keterangan tertulisnya.

Oleh karena itu, Bambang mendorong generasi muda NU terus menempah dirinya sebagai upaya meningkatkan keterampilan agar menjadi sumber daya manusia (SDM) yang unggul nantinya.

"Generasi muda NU punya potensi luar biasa. Makanya, kita harus terus mengasah diri agar dapat menjawab tantangan-tantangan ke depan," tambahnya.

Bambang mengaku senang telah diundang dalam diskuai IPNU. Menurutnya diskusi dengan tema Mendorong Pendidikan Berkarakter demi Terwujudnya SDM Unggul dijadikan ajang berbagi ilmu dan silaturahmi dengan generasi muda NU.

Selain Bambang, diskusi publik yang digelar badan otonom NU tersebut juga turut hadir Gus Idris, Wasekjen PP GP Nasor.



Sumber: Suara Pembaruan