Panglima TNI: Pemadaman Karhutla Berjalan Efektif

Panglima TNI: Pemadaman Karhutla Berjalan Efektif
Sejumlah kendaraan bermotor melintas di jalan diselimuti asap dari kebakaran hutan dan lahan. (Foto: ANTARA FOTO / Rendhik Andika)
Aichi Halik / AHL Kamis, 19 September 2019 | 21:05 WIB

Yogyakarta, Beritasatu.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatera dan Kalimantan berjalan efektif sehingga bisa mengurangi jumlah titik api.

"Penanganan karhutla mulai dari pasukan darat untuk mematikan titik api, water bombing dengan helikopter sampai dengan TMC atau teknologi modifikasi cuaca semuanya berjalan efektif," kata Hadi usai berziarah ke Makam Panglima Besar Jenderal Sudirman di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara, Yogyakarta, Kamis (19/9/2019).

Terkait kondisi di Palangkaraya, kata Hadi, saat ini masih dilakukan upaya untuk memadamkan api, salah satunya dengan membuat hujan buatan.

"Upaya itu sudah bisa mengurangi asap yang ada di Riau khususnya, dan di Palangkaraya terus kita mencari awan-awan yang aktif yang bisa disemai menjadi hujan," ujar Hadi.

Menurutnya, pasukan darat yang di Pontianak dan Palangkaraya terus bekerja di lapangan. Mereka berusaha untuk memadamkan titik-titik api sesuai dengan monitoring dari satelit.

Menurut Hadi, kekuatan personel sudah dilakukan penambahan untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan.

"Personel sudah ditambah seperti di Riau kekuatannya 5.800. Sebanyak 2.200 dari TNI, 2.200 lagi dari Polri, kemudian dari unsur-unsur pecinta lingkungan," ungkap Hadi.

"Pos-pos yang ada di Riau, ada 120 kita tambah lagi 30 pos sesuai dengan laporan hot spot setiap hari yang disampaikan," imbuh Hadi.



Sumber: BeritaSatu TV