Anggota DPD Abdul Aziz Dukung Tippe Masuk Kabinet SDM Unggul

Anggota DPD Abdul Aziz Dukung Tippe Masuk Kabinet SDM Unggul
Syarifudin Tippe. ( Foto: istimewa )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Jumat, 20 September 2019 | 06:08 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sebagai salah seorang tokoh masyarakat Sulawesi Selatan, Anggota DPD asal Sulsel periode 2014-2019, Abdul Aziz Kahar menyatakan dukungan dan harapan agar salah satu putra terbaik Sulsel, Letnan Jenderal TNI (Purn) Prof. DR. Syarifudin Tippe,M.Si dipilih Jokowi-Amin untuk masuk sebagai anggota Kabinet SDM Unggul dengan posisi sebagai Menteri Pertahanan.

Selain Putra Daerah, Abdul Aziz juga melihat Syarifudin Tippe merupakan sosok Jenderal yang punya jiwa pancasilais, cinta NKRI, dan komitmen kebangsaannya patut diteladani, terutama oleh generasi muda.

"Selain relijius, Pak Syarifudin Tippe adalah sosok nasionalis sejati, yang punya komitmen tinggi terhadap nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme yang tinggi, beliau bukan jenderal yang oportunis, tetapi juga sangat cerdas dan sedikit dari banyak Jenderal yang pintar,” katanya saat ditemui media di Jakarta, belum lama ini.

Sebagai sesama Putra Sulsel, Abdul Aziz Kahar juga menilai, salah satu keturunan atau cucu Jenderal TNI Andi Muhammad Jusuf Amir atau lebih dikenal dengan nama Jenderal M. Jusuf Menteri Pertahanan dan Keamanan era Pak Harto, Syarifudin Tippe merupakan sosok yang tepat untuk menduduki kursi menteri pertahanan pada Kabinet Jokowi Jilid 2.

"Selain ada garis keturunan Jenderal M. Jusuf, Syarifudin Tippe adalah sosok berani, tegas, dan cinta NKRI. Kita butuh banyak pejabat yang punya komitmen kebangsaan yang tinggi dan nasionalis tulen,” katanya.

Meski mengaku tidak mengenal langsung Syarifudin Tippe, tetapi ia memiliki kesamaan visi dan misi kebangsaan dan nasionalisme yang luhur. Sehingga, katanya, Kabinet Jokowi Jilid 2 nanti bisa lebih baik dalam mengatasi berbagai kendala pembangunan dan lebih kompeten dalam melindungi kepentingan nasional.

Prestasi lainnya dari Syarifudin Tippe yang tak lepas dari pengamatan Abdul Aziz Kahar adalah kemampuannya meredam konflik di Aceh saat masih menjabat sebagai Pangdam Iskandar Muda Aceh.

"Beliau mampu menekan dan perlahan-lahan menghilangkan akar konflik di Aceh, dan beliau juga termasuk salah satu juru runding yang handal di Finlandia, bersama dengan rombongan Wapres Jusuf Kalla dan Menkumham, Hamid Awaludin saat itu, Syarifuddin Tippe bukan saja sosok pemikir, namun juga juru runding dan negosiator yang hebat, saya kira pantas kalau didapuk sebagai MenHan,” kata putra Kahar Muzakkar tersebut.

Seperti diketahui, Syarifudin Tippe lahir di Sinjai Sulawesi Selatan, merupakan keturunan bangsawan bergelar Andi namun gelar tersebut tidak disematkan di namanya sampai saat ini. Dia mengikuti jejak Kakeknya Jenderal TNI Andi Muhammad Jusuf Amir atau yang lebih dikenal dengan nama Jenderal M. Jusuf.

Hal tersebut menandakan bahwa Jenderal M. Yusuf dan juga Syarifudin Tippe milik seluruh bangsa Indonesia bukan hanya milik Sulawesi Selatan.

"Iya, memang ada rumpun bangsawan, salah satu dari keluarga besar atau cucu Jenderal Andi M. Jusuf Amir (Jenderal M. Jusuf)," pungkas Aziz.



Sumber: BeritaSatu.com