Cari Calon Mitra Usaha, STP IPB Gelar Business Matching

Cari Calon Mitra Usaha, STP IPB Gelar Business Matching
Peserta business matching di Hotel Permata, Bogor, Jawa Barat. ( Foto: Ist )
Heriyanto / HS Jumat, 20 September 2019 | 16:35 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Inkubator Bisnis Science Techno Park (STP) Instittut Pertanian Bogor (STP IPB) melaksanakan business matching untuk mempertemukan tenant (wirausaha peserta inkubasi) dengan calon mitra bisnis. Kegiatan yang digelar di Kota Bogor, Jawa Barat, pada Kamis (19/9) tersebut dibuka Erika B Laconi selaku Wakil Rektor bidang Inovasi, Bisnis dan Kewirausahaan IPB.

Erika mengatakan forum business matching tersebut sangat penting agar berbagai invensi IPB serta usaha rintisan dari mahasiswa, alumni, dan mitra IPB bisa berkembang. Apalagi, dunia peguruan tinggi masih memiliki beberapa keterbatasan dalam pengembangan usaha tersebut. Untuk itulah, pihaknya terus mendorong Inkubator Bisnis STP IPB mengembangan bebagai cara untuk mempertemukan tenant dengan calon mitra usaha.

“Beberapa keterbatasan dari dunia kampus diharapkan bisa diatasi setelah bekerja sama dengan mitra usaha yang tepat. Pengembangan usaha membutuhkan modal, jaringan pasar, dan kemampuan lapangan yang belum tentu dipunyai dalam lingkungan perguruan tinggi,” jelasnya.

Direktur STP IPB Rokhani Hasbullah menjelaskan business matching tersebut dihadiri lebih dari 20 calon mitra yang terdiri dari investor, pembeli (buyer), mitra bisnis, perbankan, dan pemerintah daerah (pemda). Secara umum, calon mitra tersebut sangat antusias dan tertarik dengan berbagai usaha dari masing-masing tenant.
Business matching ini menjadi ajang untuk mempertemukan calon mitra dengan tenant STP IPB. Ada beberapa tindak lanjut yang akan difasilitasi oleh kami sehingga bisa terwujud kerja sama yang saling menguntungkan,” ujar staf pengajar Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) ini.

Deva Primadia Almada selaku Ketua Pelaksana Business Matching menjelaskan kegiatan business matching ini akan dikakukan secara rutin tiap tahun. Pada awal tahun 2020 akan bekerja sama dengan ASEAN dan JAIF untuk menggelar International Business Matching di Jakarta.

Dikatakan, Inkubator Bisnis STP IPB menjadi penyelenggara (host) dengan peserta adalah anggota dari Asean Business Incubator Network (ABINet). “Semoga para tenant Inkubator Bisnis STP IPB bisa ikut dalam kegiatan tersebut dan go international,” jelasnya Kasubdit Inkubator Bisnis STP IPB ini.

Sebelumnya, STP IPB juga memberikan pelatihan capacity building kepada para tenant untuk mendapatkan materi dan strategi dalam mengembangkan bisnis. Pelatihan yang digelar di Bogor, Rabu (18/9) itu menghadirkan Herry Nugraha selaku Co-Founder & Board Member of Perwiratama Group dan Netti Tinaprilla dari Departemen Agribisnis IPB. Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti). 

Adapun peserta pelatihan capacity building mendapatkan pemahaman tentang konsep dan cara mengitung valuasi bisnis, melakukan riset pasar dan konsumen dengan benar. Selain itu, mengelola keuangan dengan tertib, dan cara mengembangkan produk baru dan peningkatan usaha industri (scalling up industry).



Sumber: Suara Pembaruan