Kabut Asap Menggila, Pemkot Balikpapan Bakal Liburkan Semua Sekolah

Kabut Asap Menggila, Pemkot Balikpapan Bakal Liburkan Semua Sekolah
Sejumlah kendaraan bermotor melintas di jalan diselimuti asap dari kebakaran hutan dan lahan. ( Foto: ANTARA FOTO / Rony Muharrman )
Aichi Halik / AHL Jumat, 20 September 2019 | 18:34 WIB

Balikpapan, Beritasatu.com - Dinas Pendidikan Kota Balikpapan berencana meliburkan semua sekolah dalam waktu yang tidak ditentukan jika kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) semakin memburuk.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Muhaimin mengatakan, pihaknya tinggal menunggu instruksi dari Wali Kota Balikpapan terkait kebijakan tersebut.

Sambil menunggu kebijakan penghentian aktifitas belajar mengajar, Muhaimin meminta setiap sekolah melakukan langkah penanganan internal terhadap korban kabut asap.

"Kita juga minta sekolah-sekolah tetap berkoordinasi dengan puskesmas terdekat kalau misalnya ada siswa terkena ISPA," kata Muhaimin di Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (20/9/2019).

Muhaimin juga meminta setiap sekolah memanfaatkan UKS (Unit Kesehatan Sekolah) dan program dokter kecil yang ada di sekolah masing-masing untuk memberikan pertolongan pertama.

Pemerintah kota Balikpapan mulai memberikan peringatan kepada warganya untuk memberikan dukungan pemberian masker karena kualitas udara semakin memburuk, bahkan masuk dalam level waspada.

Walikota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan indeks standar pencemaran udara yang aman setidaknya di bawah 65 mikrogram/m3. Sementara saat ini, indeks pencemaran di kota tersebut telah mencapai 69 mikrogram/m3.

“Ini sudah 69 mikrogram/m3 sehingga masuk waspada,” kata Rizal Effendi, Rabu (18/9/2019).

Pemkot Balikpapan telah melakukan antisipasi dengan mengumpulkan pihak terkait untuk bersiaga terhadap kemungkinan terburuk di lapangan, terutama di setiap sektor publik.



Sumber: BeritaSatu TV