Pramuka Gelar Aksi Dukung Kenaikan Cukai Rokok

Pramuka Gelar Aksi Dukung Kenaikan Cukai Rokok
Puluhan anggota Pramuka melakukan aksi damai di depan Kantor Kementerian Keuangan RI, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019). ( Foto: Beritasatu TV )
Aichi Halik / AHL Jumat, 20 September 2019 | 20:44 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Puluhan anggota Pramuka melakukan aksi damai di depan Kantor Kementerian Keuangan RI, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019).

Mereka memberikan dukungan kepada pemerintah yang diwakili Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani yang akan menaikkan cukai rokok awal tahun depan.

"Kita mendukung Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk menaikkan cukai setinggi tingginya," kata Project Manager Komite Nasional Pengendalian Tembakau, Taufik Hidayat di lokasi aksi, Jakarta Pusat.

"Menkeu kan sudah setujui kenaikan cukai rokok tahun 2020, karena itu kami semua di sini mendukung Ibu Sri Mulyani agar komitmen dengan pernyataannya," imbuh Taufik.

Seperti diketahui, minggu lalu Menkeu mengumumkan rencana kenaikan cukai rokok rata-rata 23 persen pada 1 Januari 2020, sehingga harga jual eceran rokok akan meningkat 35 persen.

Peserta aksi mengimbau pemerintah menjalankan komitmennya menaikkan cukai rokok sebesar 23 persen sehingga harga jual eceran naik dan tidak terjangkau oleh anak-anak serta remaja.

Pusat Kajian Jaminan Sosial Universitas Indonesia (PKJS UI) bahkan menyebut harga rokok harusnya naik dua kali lipat untuk menurunkan angka konsumsi di masyarakat.



Sumber: BeritaSatu TV