Menhub Bangga 2 Mobil Buatan UGM Raih Penghargaan Internasional

Menhub Bangga 2 Mobil Buatan UGM Raih Penghargaan Internasional
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (kedua kiri) kiri, bersama mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) yang memproduksi mobil Bimasakti. ( Foto: Beritasatu Photo )
Thresa Sandra Desfika / JAS Sabtu, 21 September 2019 | 14:39 WIB

Yogyakarta, Beritasatu.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi dua mobil karya mahasiswa-mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada (UGM) yang berhasil meraih penghargaan di ajang kompetisi Internasional Student Formula Japan 2019. Kedua mobil itu bernama Bimasakti dan Arjuna.

"Ini hasil kerja yang luar biasa, universitas memberikan fasilitas dan mahasiswanya keren, pintar, serta berinisiatif. Format seperti ini yang harus dikembangkan di mana-mana," ungkap Budi Karya saat meninjau kedua mobil itu di Balairung UGM, Yogyakarta pada Sabtu (21/9/2019).

Budi Karya menambahkan, pihaknya begitu bangga atas pencapaian mahasiswa UGM dengan karya mobil Bimasakti karena sudah beberapa kali menerima penghargaan. "Sedangkan, mobil Arjuna adalah mobil balap listrik yang sudah lolos kompetensi. Jadi ini sudah memenuhi standar," lanjut Budi Karya.

Sebagai informasi, Tim Bimasakti Pertamax Turbo Racing Team UGM meraih berbagai penghargaan di ajang kompetisi otomotif Internasional Student Formula Japan 2019 yang diadakan oleh Society of Automotive Engineers di Ecopa Arena, Shizuoka, Jepang.

Penghargaan yang berhasil dibawa pulang oleh tim ini adalah JAMA Chairman Award, No. 1 Student Formula Team in Indonesia, Top 6 Overseas team, Top 8 SkidPad, Top 5 Presentation, Top 3 Design Overseas, Outstanding Performance Award, serta The only Indonesian team with award.

Sedangkan, tim mobil listrik Arjuna TMO UGM berhasil meraih penghargaan dari ajang Formula SAE di Ecopa Stadium, Shizouka Perfecture, Jepang pada 27-31 Agustus 2019.

Dalam kompetisi otomotif Internasional Student Formula Japan 2019 yang diselenggarakan Society of Automotive Engineers (SAE) tersebut, mobil Arjuna memperoleh sejumlah penghargaan yaitu Top 3 Best Business Presentation for EV Class, Top 15 Overall Result for EV Class dari 27 Tim EV yang berlaga, dan First Finisher of Technical Inspection from Indonesia EV Team.

FSAE Japan mengusung penerapan monozukuri skill, yaitu mahasiswa mendesain, merancang, dan membangun sendiri mobil formula. Kompetisi ini dibagi menjadi dua kelas, yakni ICV (Internal Combustion Vehicle) dan EV (Electric Vehicle).



Sumber: BeritaSatu.com