9 Terduga Teroris Ditangkap, Diduga Siapkan Bom Panci

9 Terduga Teroris Ditangkap, Diduga Siapkan Bom Panci
Anggota Polres Metro Jakarta Utara dan Densus Mabes Polri melakukan persiapan dan evakuasi bahan peledak dari rumah kediaman tersangka teroris Muhammad Arsad di di Jalan Kavling Tipar Timur Blok VI, RT13/RW04, Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing, Kota Jakarta Utara Senin siang, 23 September 2019. ( Foto: Suara Pembaruan/Carlos Roy Fajarta )
Farouk Arnaz / FMB Senin, 23 September 2019 | 15:01 WIB

Jakarta, Beritasatu.com — Jaringan teroris Jamaah Ansharu Daulah (JAD) tak berhenti menyiapkan aksi teror. Densus 88 hari ini mengungkap JAD Bekasi yang terkoneksi dengan jaringan JAD Bandung.

Total ada sembilan tersangka yang dibekuk detasemen berlambang burung hantu itu. Mereka sudah diinvestigasi cukup lama oleh Densus sebelum dibekuk hari ini.

Polisi Geledah Rumah Ibu Keluarga Tersangka Teroris di Cilincing

“Ada empat tahapan kelompok JAD sebelum mereka melakukan amaliyah (aksi). Pertama melakukan konsolidasi atau siap siaga, taklim, iddad (latihan), baru melakukan rencana aksi terornya. Sasaran utama mereka toghut yaitu aparat polisi dan kantor polisi,” kata Karo Penmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri Senin (23/9).

Latihan digelar di kawasan Gunung Salak Halimun. Tersangka yang ditangkap adalah SN di Tambun, Bekasi pukul 05.00 WIB hari ini. Lalu, atas nama AZ ditangkap di waktu bersamaan di Tambun Selatan Bekasi.

Ketiga, H ditangkap pukul 06.05 WIB di Tambun, lalu IG ditangkap pukul 06.05 WIB di Tambun Bekasi. Kelima, atas nama AR ditangkap pukul 07.05 WIB di Tambun Utara Bekasi.

“Keenam, S, istri AR, yang ditangkap bersama suaminya. Ketujuh, atas nama AS ditangkap di Bekasi Utara. Kemudian, MA alias Muri ditangkap pukul 08.30 WIB di daerah Semper Barat, Cilincing, Jakut,” imbuhnya.

Terakhir, atas nama I ditangkap di Jakarta Barat. Dia mengikuti iddad di Gunung Salak.

Bersama tersangka disita berbagai barang bukti. Misalnya, dari Muri di Cilincing, disita bom high explosive jenis TATP.

Terduga Teroris di Cilincing Sudah Siap Ledakkan Bom

“Saat ini Densus masih melakukan pengejaran kelompok ini yang lain. Untuk H masih didalami berbagai macam senjata api, senjata tajam, dan panci padanya yang diduga untuk merakit bom panci. (Panci ini) akan digabung dengan yang tertangkap di Cilincing. Semua terkoneksi,” imbuhnya.



Sumber: Suara Pembaruan