Tersangka Kasus Karhutla Hampir 300 Orang

Tersangka Kasus Karhutla Hampir 300 Orang
Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto (ketiga kanan) bersama Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono (kiri) mencoba menggunakan selang pemadam kebakaran lahan gambut saat apel penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Mapolda Kalimantan Barat, Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat, 13 September 2019. ( Foto: Antara )
Farouk Arnaz / FER Senin, 23 September 2019 | 15:53 WIB

 Jakarta, Beritasatu.com - Jumlah tersangka dalam kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terus menanjak naik seiring makin banyaknya sebaran asap yang membuat sesak nafas itu.

Baca Juga: Dampak Kabut Asap Melanda Bengkulu

Saat ini, sudah ada 262 kasus yang disidik terkait karhutla. Rinciannya untuk perorangan ada 296 orang tersangka dan korporasi ada 9 perusahaan. Mereka disidik oleh Polda hingga Mabes Polri.

"Rinciannya, Polda Riau ada 58 orang, Polda Aceh 1 orang, Sumsel 25 orang, Jambi 20 orang, Kalsel 21 orang, Kalteng 79 orang, Kalbar 68 orang, dan Kaltim 24 orang," kata Karo Penmas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, di Mabes Polri, Jakarta, Senin (23/9/2019).

Baca Juga: Kualitas Udara Batam Kembali Tidak Sehat

Untuk korporasi, kata Dedi, Mabes Polri menentapkan PT AP sebagai tersangka, Polda Riau menetapkan PT SSS, Polda Sumsel PT HBL, Polda Jambi PT MAS, Kalsel ada PT MIB dan PT PIT.

"Di Kalteng PT PGK, Kalbar PT SAP dan SISU. Untuk Polda Kalteng, saya dapat info mereka sudah melakukan proses penyelidikan terhadap 33 korporasi. Sudah disegel semuanya. Tinggal nanti dinaikan sidik kalau sudah cukup bukti,” tambah Dedi.

Baca Juga: Kabut Asap, 4 Penerbangan Alihkan Pendaratan

Soal karhutla menjadi perhatian Presiden Joko Widodo. Dia mengancam akan mencopot pimpinan TNI/Polri yang didaerahnya terjadi karhutla.

Ini dikatakan Jokowi dalam rapat koordinasi di Istana Merdeka yang dihadiri Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian pada 6 Agustus lalu. Namun hingga kini belum ada yang dicopot.



Sumber: BeritaSatu.com