Tjahjo Sudah Tahu Peretas Situs Kemdagri

Tjahjo Sudah Tahu Peretas Situs Kemdagri
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. ( Foto: ANTARA FOTO / Nova Wahyudi )
Yustinus Paat / YUD Senin, 23 September 2019 | 16:35 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, mengatakan situs Kementerian Dalam Negeri sudah kembali normal pasca diretas sejak Minggu (22/9/2019) sore. Tjahjo mengakui bahwa pihaknya telah mengetahui pelaku yang meretas situs resmi Kemdagri tersebut.

"Sudah jelas tanggal dan hari apa jam apa, arah dari daerah apa udah ketahuan. Sekarang sudah canggih," ujar Tjahjo di JCC, Senayan, Jakarta, Senin (23/9/2019).

Kemdagri, kata Tjahjo, meminta bantuan kepada kepolisian dan Kementerian Komunikasi dan informatika untuk mengatasi hal tersebut. Tjahjo juga memastikan peretasan situs tersebut tidak akan mengganggu keberadaan data kependudukan.

"Itu sudah diatasi. Kita sudah meminta (meminta tolong) Kemkominfo, Mabes Polri. Jad, tidak ada (yang ganggu data kependudukan). Hanya satu saja (menyasar situs saja)," pungkas Tjahjo.

Sebagaimana diketahui, sejak Minggu (22/9/2019) sore, situs www.kemendagri.go.id, diretas dan memuat informasi terkait pelemahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan layar hitam dan gambar pemakaman KPK. Peretasan itu terjadi hingga Senin pagi. Sementara itu pada Senin siang, situs Kemdagri sudah bisa diakses dengan normal. 



Sumber: BeritaSatu.com