Wiranto: Hujan Buatan Turun, Sejumlah Karhutla Reda

Wiranto: Hujan Buatan Turun, Sejumlah Karhutla Reda
Ilustrasi kabut asap. ( Foto: Antara )
Robertus Wardi / WBP Senin, 23 September 2019 | 21:44 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - ‎Menteri Koordinator (Menko) bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan (Polhukam) Wiranto mengemukakan sejumlah kebakaran di berbagai wilayah mulai berkurang pada Senin (23/9/2019). Hal itu karena berbagai upaya seperti hujan buatan dan hujan alami.

"Kan sudah ada hujan. Hujan buatan sudah mulai ada, beberapa tempat sudah mulai hujan," kata Wiranto di Kementerian Polhukam, Jakarta, Senin (23/9/2019).

Hujan Lebat Guyur Sejumlah Wilayah di Jambi

Daerah Terdampak Karhutla, BMKG Deteksi Potensi Awan Hujan

Ia menjelaskan pada hari ini sudah dilaporkan oleh Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH) bahwa titik-titik api atau hotspot di beberapa daerah sudah mulai menurun. "Kita minta supaya kerja sama BMKG, TNI AU dan semua pihak supaya lebih sinkron. Supaya awan-awan yang sudah mengandung air hujan 70 persen dapat segera ditaburi garam dan hujan turun. Itu sudah berhasil tadi," jelas Wiranto.

Dia mengaku sudah bertemu Kapolri dan Panglima TNI untuk kordinasi lebih ketat sehingga awan yang mengandung 70 persen bisa turun hujan. Pesawat terbang sudah disiapkan melakukan berbagai rekayasa untuk penaburan garam. "Kita doakan supaya hujan terus-menerus bisa datang, apakah buatan atau alami," tutup Wiranto.



Sumber: Suara Pembaruan