Heboh, Empat Buaya Muncul di Sungai Asahan

Heboh, Empat Buaya Muncul di Sungai Asahan
Buaya yang ditemukan warga di Sungai Asahan, Tanjung Balai, Sumatera Utara, 23 Sept. 2019. ( Foto: Suara Pembaruan / Arnold Sianturi )
Arnold H Sianturi / HA Selasa, 24 September 2019 | 01:47 WIB

Tanjung Balai, Beritasatu.com - Empat ekor buaya masing-masing berukuran panjang sekitar satu meter muncul di Sungai Asahan, Kota Tanjung Balai, Sumatera Utara (Sumut), Senin (23/9/2019). Salah satunya berhasil ditangkap warga sekitar.

Kemunculan kawanan buaya itu menghebohkan masyarakat sekitar karena menimbulkan dugaan ada habitat buaya di seputaran sungai.

"Penemuan buaya ini berawal saat warga memancing di Sungai Asahan. Semula warga menduga hewan itu adalah biawak. Namun, secara diperhatikan lebih lama ternyata buaya," ujar seorang warga bernama Andi (33).

Para pemancing yang melihat empat ekor buaya itu langsung memberi tahu masyarakat sekitar. Warga kemudian berbondong-bondong menuju Sungai Asahan.

"Satu ekor buaya berhasil dijerat menggunakan perangkap. Namun, tiga emor buaya lagi masuk ke dalam sungai dan belum ditemukan," katanya.

Buaya itu kemudian ditempatkan di bak penampungan milik warga yang berada di Jalan Asuhan, Kelurahan Perwira, Kecamatan Tanjung Balai Selatan. Saat ini, buaya itu menjadi tontonan masyarakat.

Kepala Bidang Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Wilayah II Pematang Siantar, Seno Pramudita mengaku belum mendapatkan laporan buaya yang muncul di Sungai Asahan.

"Kita akan mengerahkan perugas BBKSDA untuk turun ke lokasi yanf disebutkan itu. Jika memang ada buaya yang berhasil ditangkap warga maka akan kita evaluasi juga nantinya," jelasnya.

Seno mengimbau agar masyarakat supaya lebih berhati-hati jika beraktivitas di seputaran sungai. Ini penting dilakukan agar tidak ada warga yang menjadi korban serangan buaya.

"Lebih baik warga tidak melakukan aktivitas di sekitar sungai sampai situasi benar-benar aman bagi masyarakat sekitar," sebutnya.

Sebelumnya, BBKSDA Sumut menemukan dua buaya dewasa berukuran 3 meter di Sungai Simangalam di Desa Simangalam, Kecamatan Kualuh Selatan, Labuhanbatu Utara (Labura), Sumatera Utara (Sumut).

Petugas mendatangi sungai tersebut setelah mendapat laporan bahwa seorang pemancing diserang buaya hingga kritis.

Baca juga: Pascaserangan, Dua Buaya Muncul di Sungai Simangalam



Sumber: Suara Pembaruan