Logo BeritaSatu

Kampus-kampus Besar Yogyakarta Tolak "Gejayan Memanggil"

Selasa, 24 September 2019 | 03:39 WIB
Oleh : Fuska Sani Evani / HA

Yogyakarta, Beritasatu.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) dan sejumlah perguruan tinggi lainnya di Yogyakarta meminta agar mereka tidak disangkutpautkan dengan aksi unjuk rasa ribuan mahasiswa di Yogyakarta menentang revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi yang berakhir Senin (23/9/2019) sore kemarin.

Para mahasiswa itu bergabung dalam gerakan #GejayanMemanggil dalam unjuk rasa di Simpang Tiga Colombo, Sleman.

Rektor UGM Panut Mulyono dalam surat edarannya mengatakan jika UGM tidak terlibat dan tidak mendukung aksi tersebut.

"Kami minta aksi tersebut tidak melibatkan UGM dalam bentuk apa pun dan segala hal terkait aksi itu menjadi tanggung jawab pribadi," demikian pernyataan Panut.

Ia pun memastikan kegiatan akademik di UGM tetap berjalan seperti biasa tanpa ada gangguan sama sekali.

Senada dengan UGM, Rektor Universitas Sanata Dharma (USD), Johanes Eka Priyatma juga mengeluarkan surat edaran bahwa kampusnya tidak terlibat dan terikat secara institusional dalam gerakan tersebut.

Perhimpunan mahasiswa USD mendukung kebijakan kampus mereka. Dalam surat edaran yang dikirimkan oleh Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sanata Dharma, Arya Nugraha, disampaikan bahwa peran mahasiswa USD dalam penyikapan kondisi di Indonesia sudah tidak berlaku lagi per tanggal 22 September 2019 pukul 23.30 WIB.

"BEM USD secara tegas menarik diri dari Aliansi Rakyat Bergerak dan mengimbau kepada seluruh mahasiswa USD untuk tidak ikut andil dalam aksi Gerakan "Gejayan Memanggil" pada 23 September 2019," kata Arya.

Di tempat lain, Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta Yudian Wahyudi juga mengimbau agar mahasiswanya tak bergabung dalam aksi Aliansi Rakyat Bergerak.

Aksi #GejayanMemanggil bukanlah aksi yang berkaitan dengan kampus UIN Sunan Kalijaga, tegasnya.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sutrisna Wibawa mengeluarkan pernyataan resmi bahwa UNY tidak terlibat dan tidak mendukung aksi tersebut.

Apabila ada mahasiswanya yang terlibat aksi #GejayanMemanggil, rektor menegaskan hal itu menjadi tanggung jawab pribadi masing-masing dan bukan tanggung jawab UNY.

Sementara terkait akun @JeveViole yang beredar di media sosial dan melibatkan nama Rektor UNY, ditegaskannya adalah hoax atau berita bohong.

Rektor UNY menegaskan, akun resmi media sosial UNY yakni @unyofflcial.

"Sudah dikonfirmasi akun @unyoffical bahwa itu tidak benar. Saya berharap pemilik akun itu segera mengubah akunnya jangan mengatasnamakan Rektor UNY. Sehingga tidak membuat masyarakat bingung. Saya menerima komplain, padahal bukan akun UNY," tegasnya.

Rektor Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Henry Feriadi menyampaikan jika UKDW juga tidak mendukung dan tidak menyarankan mahasiswa untuk ikut dalam aksi tersebut.

"Ajakan untuk demonstrasi jalanan tidak jelas tujuannya maupun pihak-pihak yang bertanggung jawab dalam aksinya, sehingga rawan untuk disusupi dan ditunggangi kepentingan politik atau maksud gelap lainnya," ungkapnya dalam surat edaran bernomor 031/C.12/UKDW/2019.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Raja Arab Saudi Sampaikan Belasungkawa atas Tragedi Kanjuruhan

Raja Arab Saudi Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Indonesia Joko Widodo terkait tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 5 Oktober 2022

Toko Kue Thabenia Milik Ruben Onsu Dirampok

Toko kue Thabenia milik selebritas Ruben Onsu dirampok. Perampokan itu dilaporkan oleh karyawan Ruben Onsu ke Kepolisian Resor Metro Jakarta Selatan.

NEWS | 5 Oktober 2022

Beda dengan Hillary, Fadli Zon Justru Terhibur Di-roasting Mamat Alkatiri

Fadli Zon merespons langkah rekannya di parlemen Hillary Brigitta Lasut yang melaporkan komika Mamat Alkatiri ke Polda Metro Jaya.

NEWS | 5 Oktober 2022

Tokoh Pemuda Papua Imbau Pendukung Lukas Enembe Hormati Proses Hukum

Tokoh pemuda Papua, Ferdinand Tuamis berharap agar kelompok pendukung Gubernur Papua, Lukas Enembe agar menghormati proses hukum di KPK.

NEWS | 5 Oktober 2022

Selain Pidana, Hillary Lasut Pertimbangkan Gugat Mamat Alkatiri Secara Perdata

Tak hanya pidana, anggota Komisi I DPR dari Fraksi Nasdem Hillary Lasut mempertimbangkan menggugat komika Mamat Alkatiri secara perdata.

NEWS | 5 Oktober 2022

Wajah Tersangka Pembunuhan Brigadir J Diperlihatkan Kecuali FS dan PC

Wajah tersangka pembunuhan Brigadir J diperlihatkan kepada publik di Kantor Jampidum Kejagung, Jakarta, pada Rabu (5/10/2022) siang.

NEWS | 5 Oktober 2022

Tim KPK Telah Sita Dokumen Terkait Kasus Garuda Indonesia

Tim dari KPK telah menyita berbagai dokumen terkait kasus dugaan suap pengadaan armada pesawat Airbus pada PT Garuda Indonesia (Persero).

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Resmikan Revitalisasi Fasilitas Bandara Halim Perdanakusuma

Presiden Jokowi meresmikan revitalisasi fasilitas Pangkalan TNI AU atau Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (5/10/2022).

NEWS | 5 Oktober 2022

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 46 Sudah Dibuka, Ayo Daftar Segera

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 46 sudah dibuka pada Selasa 4 Oktober 2022, ayo segera mendaftar sebelum ditutup.

NEWS | 5 Oktober 2022

Kejagung Punya Strategi Lindungi Jaksa Selama Sidang Ferdy sambo

Kejagung mengaku memiliki strategi khusus untuk melindungi jaksa yang menangani sidang perkara Ferdy Sambo dan kawan-kawan terkait perkara Brigadir J.

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Raja Arab Saudi Sampaikan Belasungkawa atas Tragedi Kanjuruhan

Raja Arab Saudi Sampaikan Belasungkawa atas Tragedi Kanjuruhan

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings