Polda Sumut Tetapkan 40 Tersangka Demo Ricuh di Medan

Polda Sumut Tetapkan 40 Tersangka Demo Ricuh di Medan
Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja. ( Foto: Suara Pembaruan/Arnold Sianturi )
Arnold H Sianturi / CAH Kamis, 26 September 2019 | 17:19 WIB

Medan, Beritasatu.com - Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) menetapkan 40 orang tersangka dari 55 pendemo yang diamankan saat kejadian kericuhan di depan Gedung DPRD Sumut Jl Imam Bonjol Medan, Selasa (24/9/2019) kemarin.

"Saat terjadi kericuhan demo itu, ada sebanyak 55 orang yang diamankan. Sebanyak 15 orang dipulangkan karena tidak terbukti melakukan pengrusakan," ujar Kepala Bidang Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, Kamis (26/9/2019).

Tatan mengatakan, 40 tersangka demo kericuhan demo itu mempunyai peranan masing - masing. Ada yang dianggap sebagai orang yang melakukan penghasutan, pelaku pengrusakan, kekerasan secara bersama - sama dan mnyerang petugas.

Aksi mahasiswa mengepung kantor DPRD Sumatera Utara.

"Untuk 40 orang ini memiliki peranan berbeda-beda, sehingga dijerat sesuai dengan pelanggaran Pasal 200 ayat (1) e subs Pasal 160 subs Pasal 170 KUHP, kemudian Primair Pasal 214 subs Pasal 213 lebih subs Pas 218 KUHP," jelas Tatan.

Baca JugaPenunggang Demo di Sumut Pernah Ingin Serang Rumah Ibadah

Menurutnya, dari 40 orang yang ditetapkan sebagai tersangka tersebut, seorang di antaranya merupakan buronan polisi yang masuk daftar pencarian orang (DPO) kasus dugaan terorisme, berinial RSL.

Baca Juga: Kapolda Sebut Rusuh di Sumut Ditunggangi DPO Kasus Terorisme

"Orang bersangkutan masih menjalani proses pemeriksaan. Penyidik masih melakukan pendalaman atas keterlibatan RSL yang menunggangi kericuhan saat demo di depan Gedung DPRD Sumut," sebutnya. 



Sumber: Suara Pembaruan