SUTET Duri Kosambi Perkuat Sistem Kelistrikan Jakarta

SUTET Duri Kosambi Perkuat Sistem Kelistrikan Jakarta
Saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET). ( Foto: Antara )
Carlos Roy Fajarta / BW Rabu, 2 Oktober 2019 | 23:03 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB) meningkatkan keandalan pasokan listrik di Jakarta dengan dimulainya pemberian tegangan (energize) SUTET 500 kV Duri Kosambi - Kembangan #2.

"Keberadaan SUTET ini cukup penting dalam meningkatkan keandalan listrik di Pulau Jawa, khususnya di Jakarta. Dengan transmisi ini maka dapat dialirkan energi murah dari PLTU Jawa 7 yang memiliki kapasitas 2 x 1000 MW," ujar General Manager UIP JBB PT PLN (Persero), Ratnasari Sjamsuddin, Rabu (2/10/2019) di Jakarta.

Ia menyebutkan, proyek tersebut berada di sisi barat kota Jakarta dan melewati 7 ruas jalan tol Jakarta - Tangerang sehingga aspek keamanan dalam penyelesaian proyek oleh kontraktor menjadi prioritas bagi PLN.

"Proyek ini juga yang pertama kalinya sudah menggunakan tower jenis Pyramac TSP 90 + 3. Tower ini memiliki keandalan dalam meminimalisasi penggunaan lahan untuk tower SUTET 500 kV Duri Kosambi Kembangan yang berada di tengah permukiman padat penduduk di Jakarta Barat," tambah Ratnasari.

Section Duri Kosambi - Kembangan dengan panjang transmisi 7 kms (16 tower) merupakan bagian dari Jaringan Looping Jakarta yaitu Balaraja - Kembangan - Duri Kosambi - Muara Karang - Tanjung Priok - Muara Tawar.



Sumber: Suara Pembaruan