Kempar Apresiasi Peran Media Promosikan Pariwisata Indonesia

Kempar Apresiasi Peran Media Promosikan Pariwisata Indonesia
Kementerian Pariwisata menggelar Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) 2019 dengan mengangkat tema "Millennial Tourism". ( Foto: istimewa )
Chairul Fikri / CAH Kamis, 3 Oktober 2019 | 14:53 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Media dianggap memiliki pengaruh yang besar dalam pengembangan pariwisata di Indonesia. Bahkan unsur media dimasukkan Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya sebagai penunjang penting keberhasilan pariwisata di Indonesia agar bisa dikenal oleh masyarakat dunia.

Untuk itu Kempar memberikan apresiasi atas peran media sebagai pemberi informasi dan juga media promosi dengan menggelar Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) 2019 dengan mengangkat tema "Millennial Tourism". 

"Buat saya, media punya peran besar terhadap maju dan mundurnya pariwisata di Indonesia. Karena dari media, masyarakat luas tahu tentang ragam dan destinasi yang menarik yang ada di Indonesia. Lewat media, masyarakat juga bisa tahu tentang keindahan dan juga bagaimana Kempar yang terus berusaha mengembangkan sektor pariwisata sebagai sektor penyumbang devisa bagi negara. Penghargaan ini juga sebagai wujud rasa terima kasih Kempar terhadap Pewarta wisata di Indonesia yang dengan terus menginformasikan kepada masyarakat kondisi pariwisata di Indonesia termasuk kebijakan strategis yang diambil untuk kemajuan pariwisata di Indonesia," ungkap Arief Yahya dalam sambutannya ihadapan pewarta pariwisata di APWI 2019 yang digelar di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (2/10/2019).

Arief mengakui banyak terbantu dengan pemberitaan positif yang dilakukan oleh media dalam upaya mendukung dan mempromosikan pariwisata di Indonesia. Khusus untuk pemberitaan program prioritas Kempar tentang Milenial Tourism, dirinya pun berharap bisa meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia, khususnya dari wisatawan muda.

"Millenial Tourism memang jadi target kita dalam meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Kita harus memenangkan wisatawan generasi milenial yang semakin mendominasi wisman yang berkunjung ke Indonesia. Upaya memenuhi target kunjungan 18,5 juta wisman tahun ini di mana lebih dari 50 persen datang dari kalangan kaum milenial," ujarnya.

Untuk penyelenggaraan APWI 2019 ini, Kempar membagikan penghargaan untuk 6 Kategori yakni kategori Blogger, Kategori Cetak Majalah, Kategori Cetak Koran, Kategori Media Online, Kategori Media Televisi, dan Kategori Khusus, serta 1 kategori Best Of The Best. Dimana menurut laporan Plt. Kepala Biro Komunikasi Publik Kemenpar Guntur Sakti, peserta masing-masing kategori yaitu Majalah 28 karya, Surat Kabar 40 karya, Televisi 73 karya, Blog 92 karya, Media Online 117 karya, dan Kategori Khusus 79 karya dengan total hadiah Rp500 juta serta voucher liburan dengan total nilai sebesar Rp31 juta.



Sumber: BeritaSatu.com