Masyarakat Papua Jangan Termakan Isu, Mari Jaga Persatuan

Masyarakat Papua Jangan Termakan Isu, Mari Jaga Persatuan
Prajurit TNI melakukan patroli keamanan di Wamena, Papua, Senin, 30 September 2019. ( Foto: ANTARA FOTO/Iwan Adisaputra )
Robert Vanwi Isidorus / RSAT Jumat, 4 Oktober 2019 | 10:48 WIB

Jayapura, Beritasatu.com - Wakil Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Tanah Papua (PGGP) Pdt Marthan Ayorbaba mengajak seluruh masyarakat Papua untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan, agar tanah Papua kembali damai.

“Pada 1 Oktober 2019 kemarin kita memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Mari kita jaga ideologi Pancasila yang kita cintai bersama,” ujar Ayorbaba, Jumat (4/10/2019) pagi.

Ayorbaba mengimbau dan mengajak seluruh masyarakat di tanah Papua agar tidak termakan isu-isu yang tidak benar, yang terus berkembang sampai hari ini. “Mari kita semua menjaga diri, menguasai diri, dan menyaring setiap informasi yang diterima agar dapat meredam situasi dan konflik di tanah Papua,” ujarnya.

Dikatakan tidak ada ideologi yang mempersatukan kita selain Pancasila. “Oleh sebab itu mari terus berdoa agar Pancasila selalu terjaga, utuh, dan melindungi kita di tanah Papua,” katanya.

Dia juga meminta pihak-pihak yang selama ini menyebarkan informasi yang tidak benar segera menghentikannya agar masyarakat tidak termakan isu, yang mengakibatkan konflik di mana-mana.

“Mari kita bekerja sama dalam menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia, khususnya di tanah Papua. Jaga terus perdamaian dengan memaknai hari kesaktian Pancasila yang terdapat dalam sila ketiga yakni Persatuan Indonesia,” tambahnya.



Sumber: Suara Pembaruan