Panglima TNI: 3.800 Pengungsi Tempati Kodim, Koramil, dan Polsek di Wamena

Panglima TNI: 3.800 Pengungsi Tempati Kodim, Koramil, dan Polsek di Wamena
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. ( Foto: ANTARA FOTO / M Risyal Hidayat )
Hotman Siregar / JAS Sabtu, 5 Oktober 2019 | 18:38 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebut sebanyak 3.800 pengungsi masih berada di Wamena, Papua. Pengungsi itu ada yang ditempatkan di Kodim, Koramil, dan Polsek setempat. 

"Sedangkan di Jayapura 8.600, tetapi yang ada di penampungan kurang kebih 3.500. Sisanya ikut saudaranya yang ada di wilayah Jayapura," kata Panglima usai Peringatan HUT Ke-74 TNI Tahun 2019 di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10/2019).

Menurut Panglima, masyarakat dan pendatang menginginkan bahwa permasalahan di Papua segera tuntas dan keamanan bisa dikembalikan seperti sedia kala.

TNI juga menggelar kekuatan dalam rangka mendukung kepolisian RI di beberapa tempat termasuk di Jayapura dan Wamena. Tujuannya adalah memberikan kepercayaan kepada masyarakat bahwa stabilitas keamanan terus akan terjaga sehingga perekonomian terus berjalan dengan baik.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR (Kempupera) agar segera merehabilitasi gedung-gedung rusak termasuk mendengar akan dibangun hunian sementara untuk para pengungsi," jelasnya.

Kementerian Sosial (Kemsos) juga terus memantau para pengungsi khusus di wilayah Jayapura yang terbagi di beberapa tempat termasuk diantaranya ada satu paguyuban.

Setelah tanggal 7 Oktober mendatang, Panglima TNI beserta instansi terkait akan ke Wamena. Tujuannya untuk mendapatkan jalan keluar untuk tercapainya suatu stabilitas keamanan sesuai keinginan semua.

"Sampai saat ini semua pelayanan, pelayanan kesehatan, pelayanan dapur umum, semua tidak bermasalah. Untuk logistik tidak masalah. Menteri BUMN terus koordinasi dengan saya untuk perbaikan listrik yang rusak di Wamena," tandasnya.



Sumber: Suara Pembaruan