Dua Bupati Daftar di Golkar untuk Mengikuti Pemilihan Gubernur Bengkulu

Dua Bupati Daftar di Golkar untuk Mengikuti Pemilihan Gubernur Bengkulu
Ilustrasi Pilkada Serentak 2018. ( Foto: Antara )
Usmin / JEM Senin, 7 Oktober 2019 | 15:19 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Dua bupati di Bengkulu mengambil formulir pendaftaran di Partai Golkar untuk mengikuti seleksi calon gubernur dan wakil gubernur untuk Pilkada Serentak 2020.

Kedua bupati tersebut, yakni Bupati Lebong, Rosjonsyah dan Bupati Rejang Lebong, Ahmad Hizaji. Rosjonsyah mengambil formulir dan mendaftar di kantor DPD Golkar Provinsi Bengkulu, diwakil orang dekatnya, Hamdan.

Sedangkan Bupati Rejang Lebong, Ahmad Hijazi mendaftar dan mengambil formulir di Sekretaris DPD Golkar Bengkulu, di Jalan Padang Harapan, Kota Bengkulu melalui Heri dan Umar.

"Sampai sekarang sudah dua kandidat bakal calon gubernur Bengkulu telah mendaftar di Golkar, yakni Rosjondsyah dan Ahmad Hijazi. Kita masih memberikan kesempatan kandidat lain untuk mendaftar sampai 19 Oktober mendatang," kata Ketua Tim pendaftaran Partai Golkar Bengkulu, Frentindo, di Bengkulu, Senin (7/10/2019).

Ia mengatakan, para kandidat balon gubernur yang mendaftar di Golkar akan diperlukan sama, karena kandidat yang akan diusung Golkar di Pilgub 2020, akan ditetapkan berdasarkan hasil survei.

Selain itu, elektabilitas dan popularitas dari kandidat tinggi dan berpotensi untuk memengangkan Pilgub Bengkulu 2020 mendatang. "Sepanjang kandidat memenuhi tiga hal tersebut, kemungkinan akan diusung Golkar di Pilgub 2020 terlepas kader atau bukan," ujarnya.

Seperti diketahui Bupati Leboong, Rosjonsyah merupakan kader PDIP dan telah dua priode menjadi bupati. Sedangkan Ahmad Hujazi merupakan pengurus Partai Golkar Kabupaten Rejang Lebong juga dua priode menjadi bupati.

Kedua tokoh muda Bengkulu ini, sama-sama memiliki peluang besar untuk terpilih menjadi gubernur pada Pilgub 2020 mendatang. Sebab, kedua bupati ini sangat merakyat dan cukup berhasil membangun daerahnya, khususnya Rosjonsyah.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah yang juga Ketua DPD Golkar setempat belum mendaftar dan mengambil formulir di Golkar. Diperkirakan Rohidin akan mengambil mendaftar di Golkar menjelang penutupan pendaftaran.

Sementara itu, Ketua DPW Nasdem Provinsi Bengkulu, Feri Ramli mengatakan, partainya telah menyiapkan 8 lembaga survei untuk menetapkan kandidat calon gubernur dan wakil wakil gubernur yang akan diusung di Pilgub tahun depan.

"Kita akan menyiapkan 8 lembaga survei untuk menetapkan kandidat calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung Nasdem di Pilgub 2020. Kader atau bukan jika hasil survey bagus akan kita dukung di Pilgub Bengkulu tahun depan," ujarnya.

Bupati Bengkulu Tengah ini ketika ditanya apakah maju di Pilgub Bengkulu, ia mengaku masih pikir-pikir dulu untuk ikut kontestasi Pilgub 2020 mendatang. "Yang jelas, Nasdem siap berkoalisi dengan partai lain untuk mengusung satu paslon cagub dan cawagub di Pilkada 2020," ujarnya.

Partai Nasdem hasil Pemilu 2019 lalu, memiliki 5 kursi di DPRD Provinsi Bengkulu, sehingga untuk mengusung satu paslon cagub dan cawagub harus mendapatkan tambahan 4 kursi lagi, karena syarat parpol bisa mengusung satu paslon harus memiliki 9 kursi di DPRD provinsi.

Dari pantuan SP, ada sejumlah nama kandidat yang akan meramaikan Pilgub 2020 mendatang. Adapun nama kandidat balon gubernur Bengkulu, yakni Rosjonsyah, Ahmad Hijazi, Agusrin Maryono Najamudin, Susi Marleny Bachsin, Rohidin Mersyah, Feri Ramli dan Isda Putra.



Sumber: Suara Pembaruan