Bunga Bangkai Mekar, Bau Busuk Menyengat di Kebun Raya Bogor

Bunga Bangkai Mekar, Bau Busuk Menyengat di Kebun Raya Bogor
Bunga bangkai jenis Amorphophallus gigas mekar dengan sempurna di Kebun Raya Bogor (KRB) Minggu (6/10/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Vento Saudale )
Vento Saudale / JAS Selasa, 8 Oktober 2019 | 08:26 WIB

Bogor, Beritasatu.com - Bunga bangkai jenis Amorphophallus gigas mekar dengan sempurna di Kebun Raya Bogor (KRB) Minggu (6/10/2019). Aroma busuk pun menyengat tercium di sekitar lokasi bunga.

"Ini mekar sempurna pada hari Minggu. Koleksi jenis gigas, hanya ada satu di sini saja," kata Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Kebun Raya Bogor Inggit Pujiastuti, Senin (7/10/2019).

Inggit menjelaskan, bunga itu mekar sempurna dengan tinggi mencapai 290 sentimeter. Selama menjadi koleksi Kebun Raya Bogor, bunga tersebut baru mekar sebanyak dua kali terhitung sejak tahun 2007.

Bunga bangkai jenis Amorphophallus gigas.

Ia menambahkan, Amorphophallus gigas merupakan kerabat dari bunga bangkai Amorphopallus titanium. Kedua bunga bangkai itu dapat dibedakan dari fisik.

"Yang membedakan itu dari tangkainya. Untuk Amorphophallus gigas tangkainya lebih tinggi. Sedangnya ukuran Amorphophallus titanum lebih besar, tangkainya pendek. Jadi ciri khasnya Gigas tinggi," jelas Inggit.

Namun, ada beberapa kesamaan antara kedua tanaman tersebut salah satunya mengeluarkan aroma busuk yang cukup menyengat dari kelopaknya.

Saat ini, Kebun Raya Bogor memiliki kurang lebih enam jenis Bunga Bangkai. Sementara untuk jenis Gigas, Kebun Raya Bogor hanya memiliki satu jenis karena tergolong tumbuhan langka.

Untuk pengembangbiakan jenis tanaman langka tersebut, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia sedang berupaya melakukan insect polinasi untuk menghasilkan biji tanaman Gigas.

“Kita sedang melakukan ekplorasi, mudah-mudahan berhasil,” kata Inggit.

Sebelumnya, tiga bunga langka Rafflesia patma yang berada di kawasan Kebun Raya Bogor juga mekar berturut-turt beberapa waktu lalu. Bunga langka itu mekar untuk ke-14 kalinya sejak tahun 2010 silam.



Sumber: BeritaSatu.com