Polteka Mangunwijaya Semarang Ajarkan Nilai-nilai Romo Mangun

Polteka Mangunwijaya Semarang Ajarkan Nilai-nilai Romo Mangun
Politeknik Katolik (Polteka) Mangunwijaya Semarang, Jawa Tengah, akan terus mengembangkan diri untuk menjadi perguruan tinggi yang eksploratif dan kreatif. ( Foto: Istimewa )
Stefi Thenu / JEM Rabu, 9 Oktober 2019 | 14:56 WIB

Semarang, Beritasatu.com - Politeknik Katolik (Polteka) Mangunwijaya Semarang, Jawa Tengah, akan terus mengembangkan diri untuk menjadi perguruan tinggi yang eksploratif dan kreatif dalam menyiapkan tenaga profesional dan memberikan kontribusi penerapan ilmu dan teknologi secara integral untuk masyarakat Indonesia.

”Kami ingin mewujudkan tantangan dari pemerintah untuk mengembangkan pendidikan vokasi mengingat sangat dibutuhkannya tenaga-tenaga profesional,’’ ujar Direktur Polteka Mangunwijaya Dr Materius Kristianto Pr, kepada Beritasatu.com, Rabu (9/10/2019).

Pihaknya juga ingin meneruskan dan menghidupkan nilai-nilai pedagogik dari Romo Mangun yang menjadi ciri khas Polteka, yaitu eksploratif, kreatif, dan integral. Salah satu mata kuliah yang bisa menghantarkan sikap tersebut adalah Kewirausahaan.

‘’Di dalam mata kuliah ini, mahasiswa dididik menjadi pribadi yang disiplin, jujur, kreatif, inovatif, mandiri, dan kerja keras. Kami latih mereka kelak menjadi wirausaha muda,’’ ujar Sari Purnavita, salah satu staf pengajar Polteka Mangunwijaya.

Baru-baru ini, sebanyak 100 mahasiswa dari program studi Diploma III Teknik Kimia, Farmasi, dan Analis Kesehatan, belajar tentang analisis produk dan strategi pemasaran di PT Victoria Care Indonesia, yang bergerak di bidang produk kosmetik bernuansa alami.

Polteka Mangunwijata merupakan perguruan tinggi milik Yayasan Bernardus dibawah Keuskupan Agung Semarang, merupakan penggabungan dari tiga lembaga pendidikan tinggi, yakni Akademi Kimia Industri (Akin) St Paulus, Akademi Farmasi (Akfar) Theresiana, dan Akademi Analis Kesehatan (AAK) Theresiana.

Penggabungan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Menristek Dikti pada 6 Februari 2018, dengan tiga program studi diploma tiga (D-3) Teknik Kimia, Farmasi, dan Analis Kesehatan, yang mempunyai tiga kampus yaitu Kampus I Prodi D III Teknik Kimia di Jalan Sriwijaya, Kampus II di Jalan Gajah Mada Prodi D III Farmasi, dan Kampus III di Jalan Mayjen Sutoyo 69 Semarang Prodi D III Analis Kesehatan.

Kendati berusia muda, Polteka Mangunwijaya telah mengukir sejumlah prestasi, meliputi Program Kreativitas Mahasiswa- Kewirausahaan (PKM-K) dan dua proposal dari mahasiswa Analis Kesehatan yang mendapat dana hibah Dikti.

Adapun di bidang penelitian sejak 2016 sudah ada empat Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) yang telah diumumkan. ”Semoga semua ini menjadi pemacu semangat para mahasiswa untuk terus berkreasi dan berinovasi,” paparnya.



Sumber: Suara Pembaruan