Gubernur NTB Pastikan Pembangunan Sirkuit Mandalika Tetap Jalan

Gubernur NTB Pastikan Pembangunan Sirkuit Mandalika Tetap Jalan
Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah. ( Foto: ANTARA )
/ JAS Kamis, 10 Oktober 2019 | 22:05 WIB

Mataram, Beritasatu.com - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah memastikan pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika di Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, tetap berjalan sesuai rencana.

"Semua tetap on the track, tidak ada yang berubah," ujarnya usai mengikuti pelantikan pimpinan definitif DPRD NTB di Kota Mataram, Kamis (10/10/2019).

Zulkieflimansyah mengakui bahwa kalau pun ada kendala soal pembebasan lahan adalah hal yang biasa sebab lahan yang belum dibebaskan tinggal sedikit, yakni 2,5 hektare.

"Dalam pembangunan tentu ada kerikil-kerikil kecil, tetapi insyaallah tidak ada yang tidak selesai dengan dialog," katanya.

Orang nomor satu di NTB itu menegaskan, meski ada keraguan dari sejumlah orang terkait pembangunan sirkuit tersebut, dirinya tetap optimistis pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika tetap dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

"Saya salah satu orang yang optimistis sirkuit ini akan selesai," katanya.

Sebelumnya, puluhan warga melakukan pengadangan dan menghalangi aktivitas alat berat yang tengah melakukan pengerukan dan penataan lahan Sirkuit MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika itu.

Tidak hanya itu, warga yang berasal dari dua dusun, yakni Dusun Ujung Lauk dan Bunut melakukan pemagaran lahan sirkuit. Aksi puluhan warga itu dilakukan selama dua hari pada akhir September 2019. Mereka mengklaim sebagai pemilik lahan di lokasi tersebut yang dibuktikan dengan dokumen-dokumen berupa sporadik dan sertifikat tanah yang pemerintah.



Sumber: ANTARA