EDII Dukung Digitalisasi Pelabuhan di Batam

EDII Dukung Digitalisasi Pelabuhan di Batam
Ilustrasi pelabuhan laut. ( Foto: Antara )
Thresa Sandra Desfika / JAS Selasa, 15 Oktober 2019 | 12:45 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT EDI Indonesia (EDII) mendukung penerapan digitalisasi pelabuhan di Batam. Hal tersebut dilakukan anak perusahaan PT Pelindo II itu dengan ikut serta dalam penilaian persiapan kerja sama antara Pelindo II dan Badan Pengelola (BP) Pelabuhan Batam untuk mengelola kegiatan operasional pelabuhan di Batam.

Penilaian yang dilakukan oleh tim yang dipimpin langsung direktur operasional Pelindo II tersebut mencakup peninjauan kondisi lapangan dan pola operasi pelabuhan di Batam. Beberapa tempat yang ditinjau, yakni Pelabuhan Batam, Pusat Data dan Sistem Informasi Pelabuhan Batam, Pelabuhan Batu Ampar, dan Pelabuhan Kabil.

“Pelabuhan di Batam mampu bersaing dengan pelabuhan terdekat milik Singapura. PT EDI Indonesia sebagai anak perusahaan dari Pelindo II ikut berperan dalam mendukungnya di bidang digital port dan kami akan memberikan solusi dalam implementasi digital port,” ujar Direktur Utama EDII, E Helmi Wantono dalam keterangan resmi, Selasa (15/10/2019).

Helmi menambahkan, digitalisasi pelabuhan tersebut ditujukan untuk mempermudah konsumen dalam memanfaatkan fasilitas yang disediakan Pelindo II. Pelindo II sendiri gencar mengoptimalkan teknologi informasi dan modernisasi infrastruktur dan suprastruktur pelabuhan. Tujuan akhirnya adalah menekan biaya logistik dan mengembangkan ekspor nasional.

"Digitalisasi ini sifatnya bukan sekadar dari mengubah manual menjadi digital, melainkan juga melakukan integrasi dari end to end. Jadi, apabila pelayanan kapal sudah selesai, maka datanya bisa dikirimkan ke terminal sampai barang keluar,” tandas Helmi.



Sumber: BeritaSatu.com