Jokowi Diminta Jamin Rasa Aman di Papua

Jokowi Diminta Jamin Rasa Aman di Papua
Para ketua paguyuban masyarakat di Papua menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (15/10/2019). ( Foto: Beritasatu TV )
Aichi Halik / AHL Selasa, 15 Oktober 2019 | 19:32 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Para ketua paguyuban masyarakat di Papua menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (15/10/2019).

Sebanyak 14 ketua paguyuban masyarakat itu meminta pemerintah menciptakan kedamaian di Papua dan Papua Barat sehingga tercipta rasa aman.

"Kita meminta kepada Bapak Presiden Joko Widodo bahwa ke depan tidak ada lagi kerusuhan seperti ini di Papua. Soal menyampaikan aksi unjuk rasa itu hak dan kewajiban rakyat dan dijamin dengan UU. Tapi kita mencoba, korban seperti kemarin yang terjadi di Wamena dan Jayapura untuk tidak ada lagi korban harta dan jiwa di Papua seluruhnya, Papua dan Papua Barat," kata Ketua Paguyuban Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan Mansur usai bertemu Jokowi di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Mansur mengatakan, pihaknya meminta Jokowi segera menyelesaikan permasalahan di Papua dan Papua Barat guna mencegah terjadinya kerusuhan lanjutan.

"Sebagai masyarakat, kita mendukung semua pihak, termasuk pemerintah-pemerintah daerah, untuk membuat suasana yang tentram, aman, kondusif dalam menjalankan kehidupan aktivitas sosial, kemasyarakatan di Papua," kata Mansur.

Semua paguyuban di Papua, kata Mansur, berharap Tanah Papua kembali damai. Dia mengimbau seluruh masyarakat Papua agar bersama-sama menciptakan suasana persaudaraan.

"Karena itu, kita sebagai rakyat, baik Papua maupun non-Papua, untuk kembali bersaudara menciptakan suasana persaudaraan yang hakiki kekeluargaan untuk bersama-sama untuk mendukung kehidupan masyarakat yang aman tertib dan damai. Papua harus damai, Papua untuk semua, semua untuk Papua," ujar Mansur.



Sumber: BeritaSatu TV