Menhan: PPM dan LVRI Tak Terpisahkan
Logo BeritaSatu

Menhan: PPM dan LVRI Tak Terpisahkan

Rabu, 16 Oktober 2019 | 00:00 WIB
Oleh : Siprianus Edi Hardum / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Pengurus dan anggota Pemuda Panca Marga (PPM) diingatkan bahwa organisasi massa yang menaunginya adalah organisasi biologis yang dilahirkan oleh Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI). "PPM dan LVRI tidak terpisahkan," kata Menteri Pertahanan (Menhan) Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu.

Penegasan itu dikemukakan Ryamizard di sela-sela acara Pelantikan Pengurus Pusat PPM, di Jakarta, Selasa (15/10/2019) malam sebagaimana dalam siaran persnya. Menhan juga menegaskan tak ada dualisme kepengurusan PPM. Karena yang lain pasti bukan anak kandung LVRI.

”Pemuda Panca Marga adalah organisasi kemasyarakatan pemuda yang bersifat kekeluargaan dan merupakan wadah berhimpun bagi putera-puteri veteran Republik Indonesia beserta keturunannya yang memiliki hubungan kesejarahan, aspirasi dan koordinasi dengan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dan merupakan bagian dari Keluarga Besar TNI/Polri,” kata Ryamizard.

Menurutnya, Pemuda Panca Marga merupakan wadah berhimpunnya para pemuda anak biologis dan juga anak ideologis veteran dan pejuang, yang menjadi sebuah kekuatan dalam satu kesatuan jiwa kejuangan dan kepahlawanan.

Oleh karena itu para pemuda ini tidak boleh dibiarkan berjalan tanpa arah. ”LVRI sebagai orangtua biologis dan juga ideologis harus tetap membina, agar arah dan tujuan perjuangan organisasi dapat terarah. Jika dilepaskan, tanpa arahan dan pembinaan LVRI, sama saja membiarkan sebuah organisasi yang liar tanpa arah yang jelas,” kata Ryamizard.

Pemuda Panca Marga, tambahnya, berfungsi sebagai sarana dalam proses pewarisan, pelestarian serta pembudayaan jiwa, semangat dan nilai-nilai juang 45 sebagai perwujudan kesetiaan kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Wahana perjuangan dan pengabdian dalam mencapai cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945. Perekat persatuan dan kesatuan, pengemban hakikat tatanan baru dan merupakan bagian dari Sishankamrata.

”Oleh karena itu, saya tegaskan kembali bahwa organisasi PPM di bawah naungan LVRI. PPM adalah organisasi biologis dari LVRI yang tidak akan terpisahkan dan sebagai perekat NKRI dalam pelestarian Pancasila dan nilai-nilai perjuangan 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Organisasi massa Pemuda Panca Marga (PPM) harus kembali kepada khittahnya yang benar,” tandas Ryamizard.

Dalam pesan tertulisnya tersebut, Menhan juga menyebutkan bahwa khittah PPM,yakni bebas dari politik praktis dan tetap mengakui LVRI sebagai organisasi induk yang melahirkannya.

LVRI dan anggota PPM dilarang melakukan politik praktis. Sikap politik LVRI dan PPM sama, yakni pro politik kenegaraan.
Sebelumnya, Berto Izaak Doko telah dilantik dan resmi memimpin Pemuda Panca Marga (PPM) setelah melalui proses pelantikan oleh Ketua Umum Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Letjen TNI (Purn) Rais Abin.

Pelantikan dilangsungkan di Gedung AH Nasution, Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta. Dihadiri oleh Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Joni Supriyanto, Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Letjen TNI Tri Legionosuko serta jajaran keanggotaan LVRI dan PPM.

Usai dilantik, Berto dan pimpinan baru PPM membacakan Sumpah Prasetia Panca Marga.
Berto terpilih melalui Musyawarah Nasional Luar Biasa Pemuda Panca Marga (PPM) di Hotel Ibis, Slipi, Jakarta Barat, Sabtu (7/9) silam.

Berto berkomitmen akan memimpin PPM supaya setia kepada NKRI. Selain itu, bersama-sama TNI dan Polri, PPM bertekad untuk menjaga keamanan negara. “Sikap kita jangan lagi abu-abu. Sikap kita tegak lurus terhadap NKRI. NKRI harga mati, merah putih bendera kita, pimpinan kita adalah Bapak Jokowi, udah itu, titik,” ucap Berto.

Nah sekarang, imbuhnya, langkah prioritas dan strategis untuk menjalankan roda organisasi PPM adalah konsolidasi membangun infrastruktur basis PPM untuk menghadapi era milineal, sehingga PPM di masa kini dan di masa mendatang tetap eksis serta dapat di terima generasi milineal, bahkan menjadi kawah candradimuka pembinaan generasi milineal di kalangan keluarga besar TNI.

Selain itu, secara eksternal, PPM bisa eksis menjadi garda terdepan menjaga keamanan, ketahanan dan kedaulatan NKRI. “Tantangan yang dihadapi PPM saat ini dan di masa mendatang tidaklah ringan, namun semua itu bisa di hadapi dengan kekompakan, saling menghormati, saling mendukung dan saling membantu dalam satu keluarga besar PPM anak kandung LVRI ,itu harus dibentuk dan dijaga untuk mencapai kejayaan bersama,“ kata Berto.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP LVRI, Letjen TNI (Purn) Rais Abin, mengatakan PPM tetap di bawah naungan veteran. Penegasan itu disampaikan menyambut terpilihnya Berto Izaak Doko sebagai Ketua Umum PPM yang baru.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Suara Pembaruan


BAGIKAN




BERITA LAINNYA

Ditangkap KPK, Wali Kota Medan Miliki Harta Rp 20,39 Miliar

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Dzulmi memiliki harta kekayaan sekitar Rp 20,39 miliar.

NASIONAL | 16 Oktober 2019

Jelang Pelantikan Presiden, Wakil Uskup Merauke Ajak Masyarakat Jaga Kerukunan

Pastor Hengki mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kerukunan dan kedamaian di Tanah Papua menjelang pelantikan Presiden pada 20 Oktober 2019.

NASIONAL | 16 Oktober 2019

Ditahan KPK, Supendi Minta Maaf Kepada Warga Indramayu

Tak hanya Supendi, KPK juga menjebloskan tiga tersangka lainnya kasus ini.

NASIONAL | 16 Oktober 2019

Suami-Istri yang Ditangkap di Semarang Dikenal Tertutup

Suami-istri yang ditangkap Tim Densus 88 Mabes Polri, Selasa (15/10) kemarin di Semarang, dikenal tertutup dan tak bersosialisasi dengan warga.

NASIONAL | 16 Oktober 2019

Rumah Keluarkan Bau Gas, Warga Barito Utara Sempat Heboh

Kapolsek Montallat AKP Fry Mayedi S membenarkan penyebab bau itu bukan berasal dari gas, melainkan terjadi kesalahan pemasangan kabel listrik di lokasi itu.

NASIONAL | 16 Oktober 2019

Pasutri Muda di Kota Malang Diciduk Densus 88

Pasutri itu kini masih menjalani pemeriksaan di salah satu ruang Mapolres Malang Kota.

NASIONAL | 16 Oktober 2019

Tangkap Wali Kota Medan, KPK Cetak Hattrick OTT dalam 3 Hari

"Ada uang yg diamankan, ratusan juta. Masih dalam proses perhitungan. Diduga ada setoran dari dinas-dinas ke Kepala Daerah," kata Febri.

NASIONAL | 16 Oktober 2019

Tangkap Wali Kota Medan, KPK Sita Uang Rp 200 Juta

Dzulmi dan enam orang lainnya saat ini sedang dalam perjalanan menuju Gedung KPK, Jakarta.

NASIONAL | 16 Oktober 2019

Kasad: TNI dan Keluarga Sudah Diperintahkan Bijak Bermedsos

"Media sosial adalah hak setiap orang, tetapi juga mereka harus tahu batasnya," ujar Andika Perkasa.

NASIONAL | 16 Oktober 2019

Politisi PBB Dukung Kepala BIN dari Sipil

Penting juga sosok kepala BIN bukan berasal dari partai politik, sehingga kelak dalam menjalankan tugasnya hanya semata-mata demi kepentingan bangsa dan negara.

NASIONAL | 16 Oktober 2019


BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS