Jelang Pelantikan Presiden, Kamtibmas di Bengkulu Kondusif

Jelang Pelantikan Presiden, Kamtibmas di Bengkulu Kondusif
Ilustrasi ( Foto: Beritasatu.com/Danung Arifin )
Usmin / JEM Rabu, 16 Oktober 2019 | 15:26 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com -  Kondisi ketertiban dan keamanan masyarakat (kamtibmas) di Provinsi Bengkulu menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo-Ma'ruf Amin, pada 20 Oktober mendatang, sangat kondusif dan terkendali.

"Sampai saat ini, status Kamtibmas di Bengkulu, sangat kondusif dan terkendali. Aktivitas masyarakat Bengkulu jelang pelantikan Presiden dan Wapres berjalan seperti biasa," kata Kabid Humas Polda Bengkulu, AKBP Sudarno, di Bengkulu, Rabu (16/10/2019).

Ia mengatakan, meski situasi kamtimbas di Bengkulu, berlangsung kondusif dan terkendali, tapi mendekati hari pelantikan presiden dan wakil presiden, status keamanan di daerah ini akan ditingkatkan menjadi siaga satu.

"Mendekati hari pelantikan Presiden dan Wapres, status keamanan di jajaran Polda Bengkulu akan kita tingkatkan menjadi Siaga I. Hal ini dilakukan tidak hanya di Polda Bengkulu saja, tapi hal serupa berlaku di seluruh Polda di Tanah Air," ujarnya.

Peningkatan status keamanan di Bengkulu menjadi Siaga I bertujuan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada saat pelantikan presiden dan wakil presiden  pada 20 Oktober mendatang.

Meski demikian, gangguan kamtibmas di daerah ini kemungkin kecil sekali akan terjadi menjelang pelantikan Presiden dan Wapres. Sebab, situasi Kamtibmas di jajaran Polda Bengkulu, saat ini sangat kondusif dan terkendali.

Namun pihak keamanan di Bengkulu tetap mewaspadai kemungkinan ada gangguan kamtibmas menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden.

Terkait hal tersebut, Polda Bengkulu akan melakukan pengamanan yang ketat terhadap berbagai sarana dan prasarana vital di daerah ini, seperti kantor KPU,  Bawaslu, DPRD, kantor gubernur, dan tempat-tempat strategis di daerah ini.

"Ini semua kita lakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi menjelang dan saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden dan Wapres nanti. Kita berharap pelantikan Presiden dan Wapres berjalan aman dan lancar," ujarnya.



Sumber: Suara Pembaruan