UMJ Gelar Seminar Wadahi Publikasi Hasil Penelitian

UMJ Gelar Seminar Wadahi Publikasi Hasil Penelitian
Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) kembali menyelenggarakan Seminar Nasional Sains dan Teknologi (Semnastek) yang keenam kalinya di Kampus B Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jalan Cempaka Putih Tengah, Jakarta Pusat, Rabu, 16 Oktober 2019. ( Foto: istimewa )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Rabu, 16 Oktober 2019 | 17:37 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) kembali menyelenggarakan Seminar Nasional Sains dan Teknologi (Semnastek) yang keenam kalinya, di Kampus B Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jalan Cempaka Putih Tengah, Jakarta Pusat, Rabu (16/10/2019).

Semnastek 2019 yang keenam kalinya ini mengusung tema “Aplikasi Energi dan Teknologi Maju Untuk Kemandirian Bangsa”.

"Semnastek 2019 diadakan sebagai sumbangsih Fakultas Teknik UMJ dalam mengembangkan ilmu pengetahuan keteknikan untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia, terutama untuk membantu bangsa dan negara Indonesia menyambut era industri 4.0, " ujar Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta Dr. Ir. H. Budiyanto, M. T. disela-sela seminar.

Urainya lagi, seminar ini mewadahi publikasi hasil penelitian terbaru peneliti dari 9 bidang keteknikan, yaitu Teknik Sipil, Elektro, Kimia, Mesin, Industri, Arsitektur, Informatika, Otomotif dan Alat Berat, serta Sains dan Teknologi Relevan.

"Selain itu juga, Semnastek 2019 menerima 152 makalah oral dan poster, dengan 109 makalah diterima untuk dipublikasikan setelah melalui proses review substansi dan pengecekan. 220 orang menjadi peserta pemakalah dan non pemakalah Semnastek 2019," jelas Budiyanto.

Budiyanto juga mengatakan, pemakalah Semnastek 2019 berasal dari berbagai penjuru Indonesia.

"Pemakalah berasal dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta serta lembaga penelitian pemerintah dan pemakalah terjauh berasal dari Universitas Andalas, Padang, Sumatra Barat,"  tambah Budiyanto.

Sementara itu, Prof. Dr. Mat Uzir Wahit dari Universitas Teknologi Malaysia yang memberi paparan dengan judul Active packaging grafted film with antimicrobial properties for enhancing food safety berharap agar hasil Semnastek dipublikasikan.



Sumber: BeritaSatu.com