Sekolah Ini Tanamkan Nilai Luhur Pancasila Kepada Pesertanya

Sekolah Ini Tanamkan Nilai Luhur Pancasila Kepada Pesertanya
Aktivitas yang dilakukan di Sekolah Pancasila Muda. ( Foto: dok )
Yudo Dahono / YUD Kamis, 17 Oktober 2019 | 10:26 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pancasila sebagai dasar negara Indonesia memegang peranan penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara seperti yang selalu ditanamkan oleh founding fathers Tanah Air. Sayangnya,memasuki di era milenial nilai-nilai luhur Pancasila sudah tidak lagi terjaga dengan baik.

Terlebih dengan kehadiran media sosial yang begitu banyak digunakan kaum milenial. Informasi yang viral di media sosial, tidak jarang justru menjadi konflik di dunia nyata. Semua orang pada saat ini seolah dengan mudah tersulut emosinya melalui unggahan di media sosial. Batas ruang dan waktu tiada lagi menjadi penghalang sebuah isu menjadi sebuah gerakan massa.

Berangkat dari persoalan itu, Komunitas Pancasila Muda kemudian mencari formula untuk menanamkan kembali nilai Pancasila kepada generasi milenial. Caranya adalah melalui Sekolah Pancasila Muda yang disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Dedi Triadi, Kepala Sekolah Pancasila Muda mengatakan, bahwa untuk memancing kepedulian generasi milenial agar menjaga Pancasila dan ber-media sosial secara bijak. 

Tak hanya itu, para peserta juga diharapkan dapat menerapkan dan menyebarkan nilai-nilai Pancasila melalui media sosial. Misalnya, membuat konten-konten positif yang mencerahkan.

"Kita hanya memacu anak muda untuk menerapkan nilai Pancasila secara sederhana, tidak terlalu rumit. Setidaknya di kehidupan sehari-hari mengaplikasikan yang positif di medsos," kata Dedi melalui keterangan tertulis, Kamis (17/10/2019).

Seperti angkatan sebelumnya, lanjut Dedi, setelah mengikuti pelatihan selama satu hari ini para peserta nantinya harus membuat konten-konten positif yang di dalamnya tertuang nilai-nilai Pancasila.

Sekolah Pancasila Muda

Aktivitas di Sekolah Pancasila Muda

"Sama seperti angkatan pertama, peserta harus update status, ngevlog tentang nilai Pancasila dan membuat konten tentang Pancasila. Nanti kita pantau sejauh mana sih konten itu menjadi perhatian publik," terang Dedi.

Menurut Dedi, cara tersebut dinilai efektif dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila pada era milenial seperti saat ini. Contohnya, para peserta angkatan pertama yang ikut bergabung dalam komunitas Pancasila Muda mengaplikasikan nilai Pancasila melalui berbagai gerakan kemanusiaan, seperti penggalangan dana untuk membantu meringankan korban bencana di Tanah Air.

"Kita memang pacu disitu membuat aksi baik secara online maupun offline. Di situ ada koordinatornya, mereka rutin melakukan kopi darat atau pertemuan membahas perkembangan konten-konten yang berkaitan dengan Pancasila," imbuhnya.

Sementara itu, pada agenda Sekolah Pancasila Muda angkatan kedua ini diselenggarakan di Hotel Permata, Kota, Bogor. Dihadiri sebanyak 85 peserta anak muda dari berbagai daerah dan latar belakang. Mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, karyawan swasta, hingga vloger.

Sementara itu para pemateri Sekolah Pancasila Muda berasal dari berbagai kalangan mulai pelaku medsos, praktisi pemerintahan hingga wartawan.



Sumber: BeritaSatu.com