Tiga Kandidat Daftar di PKS Maju Pilgub Bengkulu 2020

Tiga Kandidat Daftar di PKS Maju Pilgub Bengkulu 2020
Ilustrasi Pilkada 2020. ( Foto: SP/Muhammad Reza )
Usmin / JAS Jumat, 18 Oktober 2019 | 09:54 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Tiga kandidat balon calon gubernur (cagub) Bengkulu, yakni Rohidin Mersyah, Patrice Rio Capella, dan Imron Rosyadi mendaftar di Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk mengikuti Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2020 mendatang.

"Sejak kami buka pendaftaran dan penjaringan cagub dan cawagub Bengkulu, sudah ada 3 kandidat gubernur yang mendaftar di PKS, yakni Rohidin Mersyah, Imron Rosyadi, dan Patrice Rio Capella. Mereka datang dan mendaftar di PKS diwakili oleh tim sukses masing-masing," kata anggota Tim Pemenangan Pilkada DPW PKS Bengkulu, Ahmad Nasti Nasution, di Bengkulu, Kamis (17/10/2019).

Ia mengatakan, kandidat gubernur Bengkulu yang pertama mendaftar ke PKS atas nama Imron Rosyadi yang diwakilkan kepada tim suksesnya, kemudian disusul cagub Rohidin Mersyah dan terakhir Rio Capella yang didaftarkan oleh orang kepercayaannya.

PKS akan memberikan kesempatan kepada kader dan nonkader untuk mengikuti seleksi dan penjaringan cagub dan cawagub Bengkulu, yang akan diusung pada Pilgub 2020.

"Seleksi dan penjaringan cagub dan cawagub Bengkulu, akan kita lakukan secara terbuka baik kader maupun nonkader. Hasil seleksi DPW PKS Bengkulu, akan diteruskan ke DPP untuk menentukan cagub dan cawagub yang akan diusung pada Pilkada 2020 mendatang," ujarnya.

Untuk mengusung satu paslon cagub dan cawagub di Pilgub Bengkulu 2020, PKS membutuhkan partai koalisi. Sebab, PKS hanya memiliki dua kursi di DPRD Provinsi Bengkulu, sehingga untuk mengusung calon harus mendapat tambahan tujuh kursi lagi.

Untuk mendapatkan tambahan kursi tersebut, DPW PKS Bengkulu harus berkoaliasi dengan beberapa parpol yang memiliki kursi di DPRD Provinsi Bengkulu, katanya.

Sementara itu, Lovi Irawan, salah seorang tim sukses cagub Rohidin Mersyah mengatakan, PKS merupakan parpol ke-6 yang didaftar calon petahanan tersebut. Sebelumnya, Rohidin mendaftar di PDIP, Hanura, Golkar, Nasdem, dan Gerindra.

"Sesuai arahan Pak Rohidin akan mendaftar di semua parpol yang ada di Bengkulu. Hanya saja ada beberapa parpol yang belum membuka pendaftaran, seperti Demokrat, PPP, Perindo dan parpol lainnya. Jika parpol ini buka langsung kita mendaftar," ujarnya.

Hal senada diungkapkan Edwin Aldrin orang kepercayaan Rio Cepella. Ia mengatakan, dirinya mendafftarkan Rio di PKS membuktikan mantan Sekjen Nasdem ini serius maju di Pilgub Bengkulu 2020 mendatang.

"Pak Rio Capella sangat serius maju di Pilgub Bengkulu, semua parpol yang buka akan kita daftar. Sekarang masih ada 4 parpol yang belum buka, yakni Perindo, PPP, Demokrat, dan PKB. Jika 4 partai ini buka kita akan daftarkan Pak Rio Capella," ujarnya.

Dari pantauan Suara Pembaruan, hingga saat ini sedikitnya sudah ada sembilan kandidat cagub dan cawagub Bengkulu, yang mendaftar di sejumnlah partai untuk maju di Pilgub 2020 mendatang.

Kesembilan kandidat cagub dan cawagub yang sudah daftar ke beberapa parpol tersebut, antara lain calon petahana Rohidin Mersyah, Agusrin Najamudin, Imron Rosyadi, Isda Putra, Patrice Rio Capella, Helmi Hasan, Herliardo, Ahmad Hijazi, dan Rosjonsyah.

Dari sembilan kandidat cagub dan cawagub Bengkulu yang sudah mendaftar di beberapa parpol, empat di antaranya masih berstatus kepala daerah, yakni Rohidin Mersyah kini menjabat sebagai Gubernur Bengkulu, Rosjonsyah kini menjabat Bupati Lebong, Ahmad Hijazi kini Bupati Rejang Lebong, dan Helmi Hasan kini masih menjabat Wali Kota Bengkulu untuk periode kedua.



Sumber: Suara Pembaruan