Jelang Pelantikan Presiden, TNI/Polri di Sumut Lakukan Konsolidasi

Jelang Pelantikan Presiden, TNI/Polri di Sumut Lakukan Konsolidasi
Ilustrasi TNI dan Polri ( Foto: Beritasatu.com )
Arnold H Sianturi / JEM Jumat, 18 Oktober 2019 | 15:25 WIB

Medan, Beritasatu.com - Pasukan TNI dan Polri menggelar panggung prajurit di Lapangan Benteng Medan, Sumatera Utara (Sumut), Jumat (18/10/2019). Acara ini sebagai bagian dari konsolidasi kedua institusi dalam melakukan pengamanan menyambut pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, 20 Oktober 2019.

Panggung prajurit ini diawali dengan melakukan senam bersama. Adapun tujuan dari pagelaran acara itu adalah untuk memperkuat sinergitas kedua institusi dalam melakukan pengamanan sebelum dan setelah pelantikan presiden. Ada sekitar 5.000 prajurit TNI/Polri yang mengikuti kegiatan tersebut.

"Kegiatan TNI/Polri ini merupakan bagian dari dukungan kita atas pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih. Pengamanan pelantikan itu juga merupakan rangkaian pengamanan pada tahapan Pemilu 2019. Kita akan melakukan pengamanan semaksimal mungkin agar situasi aman," ujar Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto.

Agus mengajak masyarakat daerah itu untuk menyambut pelantikan presiden dengan gegap gempita. Sebab, hal itu merupakan puncak dari pesta demokrasi yang telah dilaksanakan. Dia juga meminta masyarakat untuk melupakan perbedaan pilihan politik pada putaran Pemilu lalu.

"Akan banyak pejabat negara lain yang akan kemari. Kita jangan menciptakan citra buruk yang bisa mempermalukan bangsa ini. Mari kita bersama merayakan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden. Sudah saatnya masyarakat untuk mempererat persaudaraan dan bersatu kembali" pungkasnya.

Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI MS Fadhilah menambahkan, pada prinsipnya pengamanan menjelang pelantikan presiden dilakukan Polri. Namun, TNI juga mempunyai tanggungjawab untuk memberikan rasa aman dan turut berperan untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

"Kita meminta seluruh elemen masyarakat untuk turut berperan serta dalam menciptakan rasa aman. Sehingga, situasi keamanan yang kondusif ini terus terjaga. TNI/Polri tetap solid untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di daerah ini," sebutnya.



Sumber: Suara Pembaruan