TNI-Polri Siap Amankan Pelantikan Presiden

TNI-Polri Siap Amankan Pelantikan Presiden
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Prabowo Argo Yuwono. ( Foto: Suara Pembaruan/Mikael Niman )
Bayu Marhaenjati / YUD Sabtu, 19 Oktober 2019 | 10:55 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Personel TNI-Polri telah siap mengamankan pengambilan sumpah serta pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, di Gedung DPR/MPR RI, Minggu (20/10/2019) besok. Masyarakat diminta turut menjaga keamanan agar pelantikan berjalan aman dan lancar.

"Saya sampaikan, pada prinsipnya untuk pelantikan tanggal 20 besok, TNI-Polri sudah siap mengamankan," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono, Sabtu (19/10/2019).

Dikatakan Argo, diharapkan masyarakat juga turut menjaga keamanan agar kegiatan konstitusional ini dapat berjalan dengan aman dan lancar. Supaya harkat dan martabat bangsa terjaga, karena mata dunia menyaksikan pelantikan presiden.

"Ini adalah acara konstitusional, kita harapkan kepada masyarakat untuk ikut serta menjaga. Karena ini dilihat, dihadiri oleh pimpinan negara lain, utusan-utusan, kemudian media yang meliput. Kami butuh partisipasi untuk semua di dalam acara konstitusional. Ini sejarah ya, setiap 5 tahunan pelantikan presiden dan wakil presiden," ungkap Argo.

Argo menyampaikan, sebagai bangsa yang besar, demokrasi Indonesia harus bisa menjadi contoh negara lain, sehingga diperhitungkan di kancah internasional.

"Kita harus menjadi contoh di dalam berdemokrasi, di dalam menyampaikan pendapat. Semua kita lakukan agar bangsa lain bisa melihat bagaimana besarnya bangsa Indonesia," katanya.

Menyoal mahasiswa berencana menggelar aksi unjuk rasa pasca-pelantikan, Argo menuturkan, penyampaian pendapat merupakan hak masyarakat dan sudah diatur di dalam undang-undang.

"Kan sudah dijamin konstitusi menyampaikan pendapat boleh-boleh saja. Yang penting tidak boleh apa? Merusak ya, tidak boleh menganggu ketertiban umum, dan sebagainya," tandasnya.



Sumber: BeritaSatu.com