Pelantikan Jokowi

Ganjar Pranowo Harapkan Reformasi Total Perizinan

Ganjar Pranowo Harapkan Reformasi Total Perizinan
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ( Foto: SP/Stefy Thenu )
Lenny Tristia Tambun / FER Minggu, 20 Oktober 2019 | 16:26 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, mengatakan, yang paling urgent dilakukan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo (Jokowi) - Ma'ruf Amin, adalah reformasi total seluruh perizinan di Indonesia.

"Hari ini, reformasi total seluruh perizinan. Hari ini membangun integritas secara bersama-sama. Dan seluruh praktik-praktik baik yang sudah dimiliki kementerian, lembaga dan daerah dapat diambil menjadi keputusan pusat untuk kita terapkan secara nasional dan seragam,” kata Ganjar Pranowo di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Bila semuanya itu dilakukan, maka seluruh daerah wajib mengikuti derap langkah yang akan dilakukan Jokowi-Ma’ruf. Dengan langkah yang seragam itu, akan kelihatan betul perubahan yang akan dilihat publik secara bersama-sama.

Ganjar mengungkapkan, tantangan yang dihadapi Indonesia tidak ringan. Karena faktor eksternal dunia berubah dengan cepat. Baik itu di bidang Politika, ekonomi, sosial budaya dan terutama ekonomi.

"Maka tantangan terbesar Pak Jokowi dan Ma’ruf menghadapi tantangan yang tidak ringan. Oleh karena itu, sudah saatnya kita bersatu. Saatnya kita mendukung nasib bersama di periode yang kedua ini,” ujar Ganjar Pranowo.

Tugasnya sebagai kepala daerah dalam mendukung pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin, adalah memperkuat posisi kehadiran pemerintah di daerahnya. Sehingga menjadi keputusan politik di daerah yang dipimpinnya.

"Misalnya, bisnis harus dilaksanakan, pencegahan korupsi musti berjalan. Kemudian reformasi musti dilakukan. Saya kira, kami-kami ini yang didaerah harus melaksanakan itu dan menciptakan suasana yang kondusif. Kalau itu terjadi, maka investasi masuk, dan pemerintah bisa berjalan dengan baik dan cepat. Serta dapat responsif terhadap perubahan yang berjalan sangat cepat," jelas Ganjar Pranowo.

Ganjar sendiri merasa tidak akan kesulitan beradaptasi dengan Ma’ruf Amin yang merupakan pendatang baru dalam roda pemerintahan negara Indonesia. Karena Ma’ruf Amin telah mempunyai segudang pengalaman sebelum menjadi Wapres.

"Tidak akan sulit sebenarnya. Karen beliau punya pengalaman di MUI, beliau juga punya perwakilan-perwakilan di daerah. Kami beberapa kali sudah bertemu dan beliau kan cukup mengerti ekonomi syariah. Saya yakin tidak akan terlalu sulit beradaptasi dengan Pak Ma’ruf," tandas Ganjar Pranowo.



Sumber: BeritaSatu.com