FRI: Nadiem Makarim Jadi Mendikbud Terobosan Menarik

FRI: Nadiem Makarim Jadi Mendikbud Terobosan Menarik
Nadiem Makarim. ( Foto: Antara )
Maria Fatima Bona / RSAT Rabu, 23 Oktober 2019 | 10:06 WIB

Jakarta, Beritasatu.com -  Nadiem Makarim resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) pada Kabinet Kerja Jilid II. Merespons hal tersebut, anggota Dewan Kehormatan Forum Rektor Indonesia (FRI) Asep Saefuddin mengatakan, penempatan posisi Nadiem sebagai Mendikbud merupakan sebuah trobosan menarik.

“Saya rasa sebuah terobosan yang menarik. Diharapkan Mendikbud yang relatif muda dan sangat kreatif bisa keluar dengan ide-ide baru, dan tidak terkungkung dengan pola birokrasi lama yang cenderung lambat,” kata Asep Saefuddin yang juga Rektor Universitas Al Azhar Indonesia (UAI)  kepada SP, Jakarta, Rabu(23/10/2019).

Asep menilai, hadirnya sosok Nadiem ini dunia pendidikan keluar dari "kotak lama" dan merubah mindset para birokrat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), juga para guru dan dosen.

“Saya berharap ide pendidikan karakter di tingkat sebelum perguruan tinggi itu berjalan. Dan pendidikan berbasis outcome base education di tingkat perguruan tinggi bisa jadi kenyataan. Karena Pak Nadiem ini tipe inovator yang orientasi outcome-nya sudah terbukti,” ujarnya.

Pada kesempatan sama, Asep juga menyambut positif dikembalikan pendidikan tinggi pada Kemdikbud. Menurut dia, pendidikan harus dikelola satu kementerian agar tidak ada lagi dikotomi pendidikan.



Sumber: Suara Pembaruan