Peserta JKN-KIS Tak Perlu Antre di RS Panti Rini

Peserta JKN-KIS Tak Perlu Antre di RS Panti Rini
Rumah Sakit Panti Rini Sleman. ( Foto: B1/Anselmus Bata )
Anselmus Bata / AB Rabu, 23 Oktober 2019 | 21:42 WIB

Sleman, Beritasatu.com - Salah satu kritik yang ditujukan kepada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJSK) adalah pelayanan kepada peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Salah satunya adalah peserta harus mengantre lama untuk mendapat pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan, khususnya di rumah sakit.

Untuk menjawab kritik tersebut, Rumah Sakit (RS) Panti Rini Sleman Yogyakarta, sejak 2014 menyiapkan sistem informasi yang mempermudah peserta mengakses layanan kesehatan dan tak perlu mengantre.

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama RS Panti Rini, dokter Agus Wijanarka kepada wartawan di Sleman, Yogyakarta, Rabu (23/10/2019).

Pada umumnya antrean dialami peserta JKN-KIS yang menjalani rawat jalan. Di RS Panti Rini, peserta bisa mendaftarkan diri untuk mendapat pelayanan dari dokter spesialis tertentu melalui WhatsApp. Sebelum mendapat pelayanan, peserta harus mengurus surat eligibilitas peserta (SEP). Proses pengurusan SEP itulah yang dipermudah melalui pemanfaatan teknologi informasi.

"Setelah mengurus SEP, peserta bisa langsung datang ke rumah sakit sesuai waktu praktik dokter spesialis yang dituju. Biasanya sore hari," katanya.

Sesampai di rumah sakit, peserta bisa langsung mengambil nomor antrean melalui mesin pendaftaran mandiri dan tinggal menunggu diperiksa oleh dokter hingga mengambil obat.

Setiap hari, pihaknya melayani sekitar 270 pasien. Selain pasien rawat jalan, pihaknya menyediakan layanan rawat inap dengan kapasitas 60 tempat tidur.

"Peserta atau keluarga yang akan menjalani rawat inap bisa melihat langsung melalui sebuah layar tentang ketersediaan tempat tidur. Semuanya transparan," kata dokter Agus.



Sumber: BeritaSatu.com