Jokowi Dinilai Sudah Akomodasi Kepentingan Bangsa

Jokowi Dinilai Sudah Akomodasi Kepentingan Bangsa
Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma'ruf Amin berfoto bersama jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju yang baru dilantik dengan didampingi istri dan suami mereka di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 23 Oktober 2019. ( Foto: Suara Pembaruan / Joanito De Saojoao )
Arnold H Sianturi / JAS Rabu, 23 Oktober 2019 | 22:58 WIB

Medan, Beritasatu.com - Tokoh masyarakat asal Sumatera Utara (Sumut), RE Nainggolan mengatakan, menteri dalam periode kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengakomodasi kepentingan Bangsa Indonesia, dan membawa pengaruh besar dalam kancah politik nasional.

"Kita mengapresiasi Presiden Jokowi yang sudah memadukan wajah lama dan baru dalam komposisi kabinet. Ini memberikan sinyal yang sangat kuat untuk kemajuan Bangsa Indonesia, sesuai harapan," ujar RE Nainggolan di Medan, Rabu (23/10/2019).

Mantan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut ini menambahkan, kabinet dalam pemerintahan Jokowi semakin memiliki warna dan menarik perhatian karena memilih Prabowo Subianto yang merupakan rival beratnya saat pilpres 2019, menjadi Menteri Pertahanan.

"Ini membuktikan bahwa Jokowi sudah memperlihatkan kepemimpinannya sebagai negarawan berkelas dunia. Sekali lagi, Jokowi membuat keputusan yang sangat bijaksana, sulit ditebak namun efektif membawa perubahan secara positif," ungkapnya.

RE Nainggolan yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Nusantara Untuk Jokowi (N4J) menyampaikan, komposisi menteri pilihan Jokowi sudah mengakomodasi harapan semua pihak, yaitu dengan memasukkan kalangan profesional maupun tokoh muda.

"Banyak orang baru dari kalangan profesional dalam kabinet tersebut memuaskan harapan sebagian besar masyarakat dan pelaku pasar, khususnya para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Ini memang patut untuk diapresiasi. Jokowi memahami itu," jelasnya.

Mantan Bupati Tapanuli Utara ini memastikan, pengumuman menteri dalam kabinet Jokowi akan membuat iklim investasi semakin terbuka dan pelayanan perizinan semakin terjamin, mudah, murah dan transparan.

"Jokowi juga terlihat ingin menciptakan kestabilan di berbagai aspek kehidupan berbangsa dalam periodenya yang kedua ini, dengan memasukkan tokoh inovatif yang menjadi motor penggerak demi kemajuan Bangsa Indonesia," sebutnya.



Sumber: Suara Pembaruan