Mendalami Dunia Wirausaha melalui Kuliah Kewirausahaan Pemuda

Mendalami Dunia Wirausaha melalui Kuliah Kewirausahaan Pemuda
Bersama peserta terpilih Kuliah Kewirausahaan Pemuda. ( Foto: Kemenpora / IST )
Jayanty Nada Shofa / JNS Kamis, 24 Oktober 2019 | 13:52 WIB

JAKARTA - Dewasa ini, kalangan millenials menunjukkan ketertarikannya pada dunia kewirausahaan. Hal ini terlihat dari antusiasme mereka mengikuti rangkaian program Kuliah Kewirausahaan Pemuda yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Bersama 22 perguruan tinggi serta lembaga kewirausahaan, program ini berlangsung sejak bulan April hingga September 2019.

Untuk pemahaman lebih dalam mengenai dunia wirausaha, roadshow perkuliahan ini kemudian dilanjutkan dengan pelatihan di kantor Kemenpora sebanyak 3 kali.

Pada Rabu (23/10), Kemenpora menyelenggarakan evaluasi berlangsungnya kegiatan perkuliahan ini. Hasil evaluasi akan dijadikan sebagai rujukan bahan kebijakan dalam menyusun norma, standar, prosedur dan kriteria pengembangan kewirausahaan pemuda. Evaluasi ini juga diharapkan menjadi bahan pola pengembangan kewirausahaan di masing-masing instansi yang ikut serta dalam mendukung upaya penciptaan ekosistem kewirausahaan.

Tak hanya itu, mahakarya kewirausahaan para peserta sebagai penerima bantuan juga dipamerkan pada acara ini. Hasil karya mereka mencerminkan pengembangan karakter, model bisnis dan seleksi kelayakan usaha yang ditanamkan selama perkuliahan ini.

Proses seleksi menuju tahap akhir juga berlangsung ketat di mana pada tahap awal, 300 orang diambil dari 5.000 peserta. 113 peserta di antaranya kemudian diumumkan berhak mendapatkan akses permodalan. Melalui Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, 4 orang di antaranya mendapatkan akses permodalan sebesar Rp. 25 juta, sedangkan 109 orang diberikan Rp. 15 juta. 


Dengan berhasilnya rangkaian acara ini, tentu program pengembangan kewirausahaan diharapkan terus berkelanjutan agar para pesertanya dapat terus mengasah kewirausahaannya di masing-masing instansi mereka.



Sumber: BeritaSatu.com