Presiden Jokowi Bakal Lantik 11 Wamen, Trenggono Jabat Wamenhan

Presiden Jokowi Bakal Lantik 11 Wamen, Trenggono Jabat Wamenhan
Joko Widodo. (Foto: Antara / Puspa Perwitasari)
Carlos KY Paath / JAS Jumat, 25 Oktober 2019 | 08:12 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengangkat sejumlah wakil menteri (wamen) salah satunya untuk pos Kementerian Pertahanan (kemhan). Wamenhan disebut-sebut dijabat oleh Wahyu Sakti Trenggono.

"Iya Mas Treng (panggilan Wahyu Sakti Trenggono) dipercaya menjadi Wamenhan. Membantu tugas-tugas Pak Prabowo Subianto (Menteri Pertahanan)," kata sumber Beritasatu.com saat berbincang melalui telepon, Jumat (25/10/2019).

Trenggono atau yang akrab dipanggil Mas Treng merupakan mantan Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin. Mas Treng sebelumnya mengapresiasi Presiden Jokowi yang profesional menyusun Kabinet Indonesia Maju.

"Kami mendukung keputusan Pak Jokowi menggunakan hak prerogatif dalam penyusunan kabinetnya," ujar Mas Treng, beberapa waktu lalu.

Masih kata sumber itu, selain Wamenhan, Presiden Jokowi juga bakal melantik 10 jabatan wamen antara lain Wamendikbud, Wamenag, Wamendes, Wamen BUMN, dan Wamenkominfo.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Zainut Tauhid menempati posisi Wamenag. Nama lain yaitu Angela Hary Tanoesoedibjo ditunjuk menjadi Wamenkominfo.

"Infonya pelantikan wamen dilaksanakan pukul 14.00 WIB di Istana Negara," imbuhnya.

Presiden Jokowi mengungkapkan, latar belakang para wamen ada yang dari partai politik dan kalangan profesional. Presiden juga menyebut bahwa satu kementerian bisa diisi lebih dari dua orang wamen.

"Saya contohkan di BUMN kalau menterinya membutuhkan wamen sampai 3 dan itu diperlukan dan kita tahu BUMN kita ada 140-an BUMN, 140-an perusahaan, kalau mengelola perusahaan sebanyak itu perlu pengawasan perlu dikontrol, perlu cek, ya kalau diperlukan itu ya enggak apa-apa," kata Presiden di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (25/10/2019).



Sumber: BeritaSatu.com