Penunjukan Trenggono Sebagai Wamenhan Diapresiasi

Penunjukan Trenggono Sebagai Wamenhan Diapresiasi
Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Wahyu Sakti Trenggono. (Foto: Beritasatu Photo / Carlos Path)
Carlos KY Paath / MPA Jumat, 25 Oktober 2019 | 17:58 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com – Penunjukan mantan Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Wahyu Sakti Trenggono sebagai wakil menteri pertahanan (wamenhan) dinilai tepat. Sebab Trenggono merupakan industriawan di bidang telekomunikasi.

Dengan latar belakang serta pengalaman yang dimilikinya, Trenggono tentu dapat mengakselerasi penguatan industri pertahanan. Terutama dari sisi manajerialnya. Hal itu disampaikan pengamat pertahanan dan intelijen Stanislaus Riyanta, Jumat (25/10/2019).

Menurut Stanislaus, penunjukkan Trenggono yang bukan seorang berlatar militer memang akan mengejutkan banyak orang. Meski begitu, Stanislaus memahami alasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Trenggono.

“Presiden Jokowi kan memerintahkan fokus wamenhan adalah untuk meningkatkan industri pertahanan di Tanah Air. Saya pikir wamenhan akan mengawal penguatan industri pertahanan dari sisi manajerial dengan pengalaman di bidang industrinya yang cukup kuat,” kata Stanislaus.

Sementara itu Founder IndoTelko Forum Doni Ismanto Darwin menyakini Trenggono mampu mengangkat industri pertahanan dalam negeri dan memperkuat kinerja Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Doni mengaku sudah lama mengenal Trenggono. Doni sangat mengetahui kapasitas Trenggono. Menurut Doni, Trenggono seorang yang inovatif dan kolaboratif dengan industri. “Saya mengikuti ketika dengan beraninya dia membangun bisnis menara independen,” kata Doni.

Doni pun menyebut, “Kala itu belum ada investor besar yang bermain. Mas Treng (Trenggono) memiliki visi yang cukup tajam untuk membangun sebuah industri. Oleh karena itu, harapannya, kesuksesan di industri menara atau suprastruktur telekomunikasi menjadi modal membangkitkan industri pertahanan dalam negeri.”



Sumber: Suara Pembaruan