Ganjar: Jabatan Sekda Jateng Segera Dilelang

Ganjar: Jabatan Sekda Jateng Segera Dilelang
Ganjar Pranowo. ( Foto: Antara )
Stefy Tenu / FER Jumat, 25 Oktober 2019 | 19:03 WIB

Pekalongan, Beritasatu.com - Masa jabatan Sri Puryono sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Tengah (Jateng) resmi berakhir pada 24 Oktober 2019.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengatakan, pihaknya segera menunjuk pelaksana harian (Plh) untuk mengisi jabatan Sekda Jateng.

"Saya akan menetapkan Plh Sekda. Hari ini rencananya," ujar Ganjar usai memimpin upacara Jambore Satlinmas II di Bumi Perkemahan Linggosari, Pekalongan, Jumat (25/10/2019).

Baca Juga: Ganjar Pranowo Harapkan Reformasi Total Perizinan

Menurut Ganjar, sesuai Undang-undang (UU), jabatan Sekda dibatasi waktunya yakni lima tahun. Sehingga, Sri Puryono yang dilantik sebagai Sekda Jateng pada 24 Oktober 2014, masa jabatannya berakhir pada 24 Oktober 2019 lalu.

"Memang ada masa waktunya, yakni lima tahun. Jadi lima tahun sudah selesai," tambah Ganjar.

Ganjar mengatakan, sudah mengurus segala hal terkait administrasi jabatan Sekda Jateng. Segala hal terkait surat menyurat telah dikomunikasikan dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri).

"Tinggal satu surat yang belum, yakni kepada Presiden, yang lain sudah berproses," tambah Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Ganjar Minta Warga Kenali Tetangga dan Tamu

Terkait Sri Puryono yang sudah habis masa jabatannya, Ganjar mengatakan, yang bersangkutan sudah pamitan. Evaluasi juga sudah dilaksanakan.

"Beliau sudah pamit dan menyampaikan akan menjadi guru besar di Undip. Tentu kita bantu prosesnya agar lebih cepat, sehingga beliau bisa segera bertugas di tempat baru dengan baik," tegas Ganjar.

Disinggung tentang mekanisme pemilihan Sekda Jateng yang baru, Ganjar mengatakan, akan melakukan mekanisme lelang jabatan. "Ada, ya nanti kita lelang jabatan," pungkas Ganjar Pranowo.



Sumber: Suara Pembaruan