Trenggono Siap Bantu Prabowo Kembangkan Industri Pertahanan

Trenggono Siap Bantu Prabowo Kembangkan Industri Pertahanan
Wakil Menteri Pertahanan Wahyu Sakti Trenggono. ( Foto: Antara Foto / Akbar Nugroho Gumay )
Carlos KY Paath / MPA Jumat, 25 Oktober 2019 | 19:18 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com – Kerja Menteri Pertahanan (menhan) Prabowo Subianto akan dibantu oleh Wakil Menhan (Wamenhan) Wahyu Sakti Trenggono. Trenggono mengaku belum pernah bekerja sama dengan Prabowo.

Meski begitu, Trenggono merasa ada kecocokan dengan Prabowo. “Ya harus (cocok) dong. Saya belum pernah kerja sama dengan Pak Prabowo. Tapi saya kira bisa lah, chemistry-nya cocok,” kata Trenggono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Terkait pembagian tugas, menurut Trenggono, dirinya akan lebih fokus pada pengembangan industri pertahanan. Hal itu sebagaimana keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) supaya industri pertahanan Indonesia berkembang pesat.

“Kalau bicara industri pertahanan itu tidak hanya alutsista (alat utama sistem persenjataan), tapi banyak hal. Saya sudah bicara dengan Pak Prabowo. Beliau bilang 'bantu saya'. Saya jawab siap. Saya siap melaksanakan dengan baik,” ucap Trenggono.

Trenggono menyatakan, tidak tertutup kemungkinan Indonesia membuat pabrik senjata. Akan tetapi, Trenggono menyatakan, pemerintah membutuhkan kajian terlebih dahulu. Trenggono menegaskan, pemerintah tidak ingin sistem pertahanan selalu tergantung dari luar negeri, terkecuali hal-hal yang sifatnya berkaitan dengan teknologi tinggi.

Prabowo telah menyampaikan selamat kepada Trenggono. Seusai pelantikan, Prabowo tidak banyak menanggapi pertanyaan awak media terkait kehadiran wamenhan. “Bagus, bagus. Senang,” ucap Prabowo.



Sumber: Suara Pembaruan