Pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai Capai 72,42 Persen

Pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai Capai 72,42 Persen
Ilustrasi jalan tol. ( Foto: istimewa )
/ YUD Senin, 4 November 2019 | 19:47 WIB

Jakarta, Beritasatu.com  - PT Hutama Karya (Persero) atau HK menyampaikan progres konstruksi Jalan Tol Pekanbaru-Dumai saat ini telah mencapai 72,42 persen dan diharapkan dapat beroperasi awal 2020.

"Ruas tol yang akan dioperasikan awal tahun 2020 adalah Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km yang saat ini progres konstruksinya telah mencapai 72,42 persen. Dengan demikian dalam waktu dekat, Hutama Karya akan mengoperasikan lima ruas tol dengan panjang 495 km," ujar Direktur Utama Hutama Karya, Bintang Perbowo melalui keterangan resmi di Jakarta pada Senin (4/11/2019).

Dia menjelaskan bahwa sampai dengan September 2019, Hutama Karya telah mengoperasikan Jalan Tol Medan-Binjai, Palembang-Simpang Indralaya, dan Bakauheni-Terbanggi Besar.

Pada akhir tahun ini, direncanakan salah satu ruas Jalan Tol Trans-Sumatera yaitu Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 km akan beroperasi penuh dan akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada akhir tahun 2019.

Adapun sisa 33 km dari ruas tersebut yaitu Kayu Agung-Betung yang konsesinya dimiliki oleh pihak lain akan menyambungkan hingga Palembang, dan ketika keseluruhan ruas ini tersambung maka dapat dipastikan jarak tempuh perjalanan Lampung-Palembang akan semakin cepat.

Bintang optimistis menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Trans-Sumatera pada 2024 dan siap untuk mengerjakan proyek-proyek strategis nasional seperti pembangunan infrastruktur ibu kota baru.

Sebelumnya Wali Kota Dumai Zulkifli AS berharap pekerjaan ruas Jalan Tol Dumai-Pekanbaru Seksi VI sepanjang 25 kilometer dapat rampung tepat waktu dan bisa segera dinikmati masyarakat sehingga mendukung kelancaran aktivitas di berbagai bidang.

Sementara itu Manajer Pelaksana dan Teknik Hutama Karya untuk Proyek Jalan Tol Dumai-Pekanbaru Seksi VI Zakirman optimistis bahwa pekerjaan proyek strategis nasional ini bisa rampung akhir Desember 2019.

Sisa pekerjaan 30 persen pembangunan Jalan Tol Dumai-Pekanbaru akan selesai dalam waktu 60 hari kerja dan untuk mengejar target waktu akan dilaksanakan dengan bekerja siang dan malam.



Sumber: ANTARA