Wapres: RS Syubbanul Wathon Jadi Contoh Gotong Royong

Wapres: RS Syubbanul Wathon Jadi Contoh Gotong Royong
Wakil Presiden Ma'ruf Amin meresmikan RSU Syubbanul Wathon di Tegalrejo, Magelang, Jawa Timur, Kamis, 7 November 2019. ( Foto: Beritasatu Photo )
Vento Saudale / RSAT Kamis, 7 November 2019 | 11:48 WIB

Magelang, Beritasatu.com - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyebut RSU Syubbanul Wathon di Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah merupakan rumah sakit percontohan kemitraan dengan asas gotong-royong.

Hal itu dikatakan Wapres Ma'ruf Amin ketika meresmikan RSU Syubbanul Wathon di Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (7/11/2019). Wapres menilai kerja gotong-royong atau kemitraan diperlukan dalam membangun Indonesia maju.

"Ke depan kita mempunyai visi da misi pembangunan sumber daya manusia (SDM). Pembangunan SDM tidak akan berhasil tanpa masyarakat yang sehat," paparnya.

Wapres Ma'ruf Amin pun mengapresiasi pola kerja sama gotong-royong antara Lippo Grup melalui Siloam Hospitals bersama-sama dengan Keluarga Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Pondok Pesantren Syubbanul Wathon, juga BPJS Kesehatan.

"Saya kira rumah sakit yang dibangun oleh masyarakat melalui gotong-royong perlu dicontoh sebagai mempertahankan kearifan lokal," paparnya.

Wapres Ma'ruf Amin berpesan agar peran rumah sakit tidak melulu mengobati pasien sakit. Namun, ada yang lebih penting yakni pencegahan orang sakit dengan mengkampanyekan gerakan masyarakat pendidikan kesehatan.

"Kita masih mempunyai pekerjaan rumah terkait pengentasan angka stunting. Harapannya juga dengan adanya rumah sakit ini menjadi stimulus untuk memperbaiki kualitas kesehatan bagi masyarakat sekitar," tambahnya.



Sumber: Suara Pembaruan