Rumah Sakit Siloam Gelar Bakti Sosial di Perbatasan RI dan Timor Leste

Rumah Sakit Siloam Gelar Bakti Sosial di Perbatasan RI dan Timor Leste
Rumah Sakit Siloam Kupang, Nusa Tenggara Timur. ( Foto: Istimewa )
Yoseph A Kelen / JEM Jumat, 8 November 2019 | 15:43 WIB

Kupang, Beritasatu.com - Rumah Sakit (RS) Siloam Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), bekerja sama dengan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/Kesatrian Jaya mengadakan Bakti Sosial 2019 di wilayah perbatasan RI dan Timor Leste.

Kegiatan sosial bertema “Kampung Sehat Tapal Batas” tersebut, dipusatkan di Desa Toha, Kecamatan Raihat Kabupaten Belu, NTT, Jumat (8/11).

Direktur Eksekutif RS Siloam Kupang dr Hans Lie menjelaskan, kegiatan bakti sosial melibatkan sekitar 50 tenaga medis terdiri dari dokter ahli, dokter umum, perawat, dan para medis lainnya.

“Para tenaga medis melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis bagi 1.000 orang warga, sunatan massal untuk 100 anak, serta pembagian sembako gratis,” katanya.

Bakti sosial ini, lanjut Hans, merupakan bagian dari upaya RS Siloam Kupang memberikan pelayananan kesehatan dan sosial bagi masyarakat yang membutuhkan khususnya di wilayah perbatasan RI dan Timor Leste.

"Kegiatan ini sebagai wujud sumbangsih RS Siloam bagi masyarakat terutama bagi masyarakat daerah perbatasan, sehingga harapannya masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik," ujarnya.

Rangkaian kegiatan tersebut, katanya, memang diupayakam tidak hanya dalam bentuk kuratif, tetapi juga dalam bentuk promotif dengan memberikan penyuluhan tentang pola hidup bersih dan sehat bagi masyarakat perbatasan.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut menghadirkan tim dokter RS Siloam Kupang sebanyak 21 orang, Satgas Pamtas sebanyak 15 personel, dan 21 tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Belu.



Sumber: Suara Pembaruan