Baru Naik Pangkat, Ketua KPK Terpilih Akan Lepas Jabatan di Polri

Baru Naik Pangkat, Ketua KPK Terpilih Akan Lepas Jabatan di Polri
Firli Bahuri. ( Foto: Antara )
Farouk Arnaz / FMB Minggu, 10 November 2019 | 19:11 WIB

Jakarta, Beritasatu.com — Irjen Firli Bahuri diperkirakan tak akan lama duduk sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabarhakam) Polri. Pasalnya Firli yang akan dilantik sebagai ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 21 Desember nanti dipastikan tak boleh rangkap jabatan.

Lalu mengapa dia promosi menjadi Kabaharkam dan naik pangkat sebagai Komjen? “Pak Firli mendapat promosi jabatan karena prestasinya,” kata Asisten SDM Kapolri Irjen Eko Indra Heri saat dihuhungi Beritasatu.com Minggu (10/11/2019).

Sehingga masih kata Eko, “bisa jadi (Firli akan dimutasi lagi) karena (jabatan ketua KPK) tidak boleh rangkap jabatan.”

Seperti diberitakan, Firli dipilih sebagai Kabaharkam Polri menggantikan Komjen Condro Kirono yang kini digeser sebagai analis utama Baharkam. Ini berdasarkan surat telegram 8 Desember 2019.

Kursi Firli sebagai Kapolda Sumsel diganti Irjen Priyo Widyanto yang saat ini duduk sebagai Kapolda Kaltim. Selanjutnya kursi Priyo diisi oleh Irjen Muktiono yang menjabat Kordinator Stag Ahli (Korsahli) Kapolri.

Kakorlantas Irjen Refdi Andri digeser jadi Korsahli Kapolri dan kursinya diisi Brigjen Istiono yang saat ini duduk sebagai Kapolda Babel.

Selanjutnya kursi Kapolda Babel akan diisi oleh Brigjen Anang Syarif Hidayat yang saat ini duduk sebagai Dir Pol Udara. Karo Binkar SSDM Polri Brigjen Permadi juga digeser Karo Penmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo. Kursi Dedi diisi Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono.



Sumber: BeritaSatu.com